Daftar Obat yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Pasien Covid-19

- Jumat, 23 Juli 2021 | 15:42 WIB
Ilustrasi. Daftar Obat yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Pasien Covid-19. (Pexels dari Pixabay)
Ilustrasi. Daftar Obat yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi Pasien Covid-19. (Pexels dari Pixabay)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Pasien positif Covid-19 yang harus menjalani perawatan isolasi mandiri di rumah perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya mengonsumsi obat. Ternyata ada beberapa obat yang sebaiknya tak dikonsumsi sendiri.

Hindari mengkonsumsi jenis obat-obatan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama menjalankan isolasi mandiri. Hal ini berguna agar pasien tidak mengalami hal atau keadaan yang tidak diinginkan, terlebih jika sedang isolasi mandiri di rumah.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia, jika dalam keadaan sakit apapun, pasien harus mengikuti instruksi yang diberikan tenaga kesehatan.

Jangan berinisiatif sendiri dalam mengkonsumsi obat jika tanpa ada pembuktian secara ilmiah. Terlebih, jika hanya mendengar informasi dari obrolan tetangga, warganet di media sosial (medsos), ataupun informasi tidak bersumber dalam broadcast di berbagai grup WhatsApp.

AYO BACA : Cara Cek Ketersediaan Obat Covid-19 di Apotek Cirebon, Klik Link Ini

Dilansir Ayojakarta.com dari akun Instagram @indonesiabaik.id, berikut ini daftar obat yang harus dihindari pasien Covid-19 saat isolasi mandiri di rumah.

Jenis obat yang harus dihindari:

1. Antibiotik tanpa resep dokter

Anjuran dari WHO untuk tidak melakukan pengobatan sendiri dengan antibiotik. Sebab, perlu diketahui bahwa antibiotik tidak berdampak pada virus, dan Covid-19 disebabkan oleh virus.

Dokter juga akan membuat resep antibiotik pada pasien Covid-19 jika gejala yang dialaminya disebabkan infeksi bakteri, dan itu diperlukan analisis akurat oleh dokter.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Rekomendasi HP Kamera Terbaik 2021, Wajib Koleksi!

Kamis, 23 September 2021 | 07:45 WIB

Boris Preman Pensiun Diamankan Polisi Gegara Narkoba

Rabu, 15 September 2021 | 19:21 WIB

Bergembiralah! Ini Panduan Seks Aman saat Pandemi

Kamis, 9 September 2021 | 18:41 WIB
X