Beb, Ini Dia Solusi Mengatasi Depresi Saat Pandemi

- Rabu, 7 Juli 2021 | 14:49 WIB
Beb, Ini Dia Solusi Mengatasi Depresi Saat Pandemi
Beb, Ini Dia Solusi Mengatasi Depresi Saat Pandemi

AyoCirebon.com - Depresi adalah salah satu gangguan mental pada diri manusia yang disebabkan oleh perasaan sedih mendalam, terlalu banyak mengkhawatirkan hal buruk yang disangka akan terjadi, dan banyak lagi. Gangguan ini begitu berbahaya bagi tubuh, karena selain bisa melemahkan imun untuk melawan virus, depresi juga dapat mendorong seseorang untuk bunuh diri.

Saat ini, kita tengah dihadapkan pada situasi yang cukup berat. Meski vaksin untuk meningkatan sistem imun agar terhindar dari penularan virus covid-19 sudah diedarkan kepada masyarakat, namun pandemi ini belum menunjukan tanda-tanda akan segera berakhir. Di Balik data dan angka yang setiap hari selalu di laporan di layar kaca, kita tak boleh abai dengan masalah lain yang berasal dari dalam jiwa. Salah satunya adalah depresi.

AYO BACA : Dampak Buruk Bagi Anak Yang Sering Bermain Gadget

Apalagi ketika pandemi, kabar buruk yang datang dari berbagai arah benar-benar mendatangkan perasaan sedih, tidak berdaya dan putus asa. Bisa-bisa orang dengan depresi akan kehilangan semangat  untuk bersosialisasi dan malah menarik diri dari pergaulan.

-

AYO BACA : Waspada Depresi Ketika Pandemi, Kenali Gejala dan Pengobatannya

Jika kamu sudah mengalami gejala depresi, maka kamu harus segera mencari cara agar dapat segera sembuh. Berikut adalah beberapa solusi depresi yang dapat kamu lakukan agar perasaan burukmu tidak semakin berlarut-larut :

1. Mencari bantuan profesional

Ketika depresi kembali terasa, seperti munculnya perasaan tertekan, khawatir yang berlebihan hingga timbul keinginan untuk bunuh diri, segeralah cari tenaga profesional seperti dokter psikiatri atau psikolog untuk mendapatkan bantuan. Hal ini dilakukan agar perasaan yang muncul itu tidak semakin parah dan kamu akan diarahkan untuk menjadi lebih tenang. Harapannya, emosi yang kamu miliki dapat menjadi lebih terkontrol dan pikiranmu jadi lebih jernih dalam mengambil keputusan. Tidak perlu khawatir akan kesusahan dalam mendapatkan bantuan. Sekarang sudah ada banyak website atau aplikasi yang telah memfasilitasi kamu untuk dapat terhubung dengan tenaga profesional.

2. Menjaga kebugaran tubuh

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, begitupun sebaliknya. Agar mentalmu menjadi semakin sehat, maka kamu perlu melatih tubuh kamu agar tetap bugar. Kamu tidak harus melakukan olahraga yang berat seperti panjat tebing atau sejenisnya, mengingat situasi pandemi saat ini juga tidak memungkinkan. Namun olahraga kecil seperti senam, aerobik atau lompat tali (skipping) yang dapat kamu lakukan dari rumah juga sudah cukup untuk menjaga tubuhmu agar tetap sehat. Dengan berolahraga juga akan membuat tubuh menghasilkan hormon endorfin yang bagus untuk mengobati depresi. Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi, bila perlu tambahkan dengan susu atau suplemen.

Halaman:

Editor: Handy Dannu Wijaya

Tags

Terkini

Ratusan Pesepeda Meriahkan Pasundan Ride bank bjb 2021

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:02 WIB
X