Jahe Merah, Bumbu Dapur Dengan Banyak Manfaat

- Rabu, 30 Juni 2021 | 11:35 WIB
Jahe Merah, Bumbu Dapur Dengan Banyak Manfaat
Jahe Merah, Bumbu Dapur Dengan Banyak Manfaat

AyoCirebon.com - Jahe adalah salah satu tanaman obat yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Tanaman rhizoma (rimpang) ini sudah malang melintang digunakan sebagai campuran jamu tradisional penuh manfaat dan bumbu rempah bagi makanan lokal. Salah satu manfaatnya yang sudah terbukti hingga digunakan di industri obat-obatan modern adalah khasiatnya yang mampu membuat tubuh menjadi hangat setelah dikonsumsi.

Namun, apakah anda tahu kalau jahe yang selama ini kita kenal sebenarnya memiliki banyak jenis ? Beberapa jenis tersebut bahkan memiliki khasiat yang lebih manjur dibanding jahe jenis lainnya. Salah satu jenis jahe tersebut adalah jahe merah.

Jahe merah (Zingiber Officinale Var. Rubrum) adalah salah satu varian jahe yang menurut sebagian masyarakat memiliki rasa yang lebih pedas dibanding jahe kebanyakan. Sesuai namanya, jahe merah memiliki permukaan kulit yang berwarna merah sehingga tidak sulit untuk dibedakan dengan jenis jahe lainnya. Bagian daging pun berwarna kuning kemerahan dengan ukuran yang cenderung lebih kecil dari jenis jahe kebanyakan.

Berikut adalah manfaat jahe merah yang boleh jadi belum kamu tahu :

1. Efektif meredakan sakit tenggorokan

AYO BACA : 5 Rekomendasi Bakso Terenak Di Tasikmalaya, Kota Sejuta Bakso

Jahe merah memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Flavonoid sendiri adalah zat yang memiliki sifat anti peradangan. Karenanya, mengkonsumsi jahe merah bermanfaat untuk meredakan segala jenis sakit yang menyerang tenggorokan, terutama radang tenggorokan. Kandungan ini juga membuat jahe merah ampuh untuk meredakan gejala batuk.

2. Meringankan sakit kepala

Kandungan lain yang juga tinggi dimiliki oleh jahe merah adalah kamfen, dimana zat ini mampu memberikan efek pedas dan menghangatkan tubuh. Salah satu manfaat dari zat ini adalah mampu digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit kepala. Hanya dengan minum hasil rebusan jahe merah, sakit kepala akan segera hilang.

Halaman:

Editor: Handy Dannu Wijaya

Tags

Terkini

Ratusan Pesepeda Meriahkan Pasundan Ride bank bjb 2021

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:02 WIB
X