Tinggi Asam Urat dan Kolesterol? Hindari Makanan-makanan Ini

- Kamis, 17 Juni 2021 | 13:01 WIB
Makanan laut sebaiknya dihindari penderita asam urat dan kolesterol. (Nadine Doerlé dari Pixabay)
Makanan laut sebaiknya dihindari penderita asam urat dan kolesterol. (Nadine Doerlé dari Pixabay)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Seseorang yang memiliki kolesterol dan darah tinggi cenderung berisiko terkena asam urat. Kadar asam urat dan kolesterol dalam darah ternyata bisa dijaga dengan rutin berolahraga dan menghindari atau mengurangi makanan tertentu.

Gejala asam urat biasanya timbul mendadak. Asam urat menyebabkan radang sendi yang terasa nyeri, panas, dan bengkak. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut asam urat dalam darah.

Penyakit asam urat berhubungan dengan sejumlah masalah metabolisme, salah satu contohnya adalah kolesterol. Kolesterol diduga bisa meningkatkan, atau menjadi faktor risiko berkembangnya penyakit asam urat.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol dan Asam Urat

Salah satu cara menjaga kadar asam urat dan kolesterol dalam darah tetap stabil adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Berikut sejumlah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari penderita kolesterol dan asam urat, dinukil dari Alodokter.

Jeroan

Penderita asam urat dan kolesterol diminta untuk menghindari konsumsi jeroan Ampela, babat, kikil, hati, ginjal, usus, dan otak memiliki kandungan purin yang tinggi dan berkontribusi meningkatkan kadar asam urat.

AYO BACA : 4 Makanan Tinggi Purin yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Purin adalah senyawa kimia tertentu dalam beberapa makanan yang akan berubah menjadi asam urat jika dipecah.

Selain itu, hati juga mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Alasannya karena kolesterol dibuat dan disimpan di dalam hati, sehingga tingkat kolesterol tertinggi dalam daging hewan ditemukan pada organ hatinya.

Makanan laut

Seafood alias makanan laut, seperti ikan teri, sarden, tongkol, tuna, dan kerang mengandung purin yang tinggi. Sedangkan lobster bukanlah pilihan yang baik, terutama bagi penderita kolesterol tinggi, karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Rekomendasi HP Kamera Terbaik 2021, Wajib Koleksi!

Kamis, 23 September 2021 | 07:45 WIB

Boris Preman Pensiun Diamankan Polisi Gegara Narkoba

Rabu, 15 September 2021 | 19:21 WIB

Bergembiralah! Ini Panduan Seks Aman saat Pandemi

Kamis, 9 September 2021 | 18:41 WIB
X