Ini Urutan Peringkat Jenis Diet dari yang Terbaik hingga yang Terburuk

- Sabtu, 30 Januari 2021 | 21:01 WIB
Diet terbaik adalah Diet Mediterania
Diet terbaik adalah Diet Mediterania

JAKARTA -- US News and World Report mengumumkan peringkat diet tahunan mereka. Peringkat diet ini disusun oleh para ahli dengan mempertimbangkan berbagai diet populer hingga moderen.

Diet-diet yang masuk ke dalam peringkat terbaik dinilai mampu memberikan beragam manfaat kesehatan. Salah satunya adalah manfaat untuk mencegah penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Berikut ini adalah lima Diet Terbaik 2021 versi US News and World Report beserta beberapa diet yang dinilai kurang baik, seperti dilansir Health.

1. Diet Mediterania

Diet Mediterania kembali dinobatkan sebagai diet terbaik di antara semua diet. Diet Mediterania telah dianggap sebagai standar emas dalam nutrisi, pencegahan penyakit, kesehatan, dan umur panjang.

Diet ini unggul karena kaya akan sayur, buah, ikan, kacang-kacangan, pulses seperti kacang polong dan lentil, serta minyak zaitun. Selain itu, diet Mediterania juga sangat membatasi konsumsi makanan olahan dan gula, termasuk daging merah.

Dengan kata lain, diet Mediterania tak hanya seimbang tetapi juga berisi makanan-makanan yang kaya akan rasa dan mengenyangkan. Diet Mediterania juga lebih dianggap sebagai gaya makan bukan pengaturan pola makan yang sangat berorientasi dengan aturan. Oleh karena itu, tak ada aturan spesifik terkait porsi, target kalori, maupun susunan makanan.

2. Diet DASH

Diet DASH sebenarnya berada pada urutan yang sama dengan diet Mediterania. DASH merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Seperti namanya, diet ini dipromosikan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute dari National Institutes of Health (NIH) untuk orang-orang dengan masalah hipertensi.

Halaman:

Editor: A. Dadan Muhanda

Tags

Terkini

Rekomendasi HP Kamera Terbaik 2021, Wajib Koleksi!

Kamis, 23 September 2021 | 07:45 WIB

Boris Preman Pensiun Diamankan Polisi Gegara Narkoba

Rabu, 15 September 2021 | 19:21 WIB

Bergembiralah! Ini Panduan Seks Aman saat Pandemi

Kamis, 9 September 2021 | 18:41 WIB
X