Facebook Bakal Matikan Penggunaan Fitur Pengenal Wajah, Apa Fungsinya?

- Rabu, 3 November 2021 | 17:06 WIB
Ilustrasi teknologi pengenal wajah. (Pixabay)
Ilustrasi teknologi pengenal wajah. (Pixabay)

AYOCIREBON.COM- Pasca mengumumkan perubahan nama perusahaan menjadi Meta, Facebook berencana melakukan terobosan lain yakni mematikan sistem pengenalan wajah atau pengenal wajah.

fitur pengenal wajah pada Facebook merupakan otomatis terhadap pengguna dalam foto dan video dalam media sosial.

Fitur tersebut sebelumnya sempat menuai kontroversi karena dianggap melanggar hak privasi. Terlebih, Facebook telah menyimpan lebih dari 1 miliar data biometrik pengguna.

Situasi itu meningkatkan kekhawatiran masyarakat dunia tentang penggunaannya.

Melansir Reuters, Facebook berencana pun memanfaatkan penggunaan algoritma pengenal wajah dan menghapus data yang digunakan untuk identifikasi.

Wakil kepala divisi kecerdasan buatan Facebook, Jerome Pesenti dalam sebuah postingan blog di situs Facebook menuliskan, sejauh mana regulator masih memproses aturan yang menjelaskan mengenai penggunaannya.

"Di tengah ketidakpastian yang sedang berlangsung ini, kami membatasi penggunaan pengenalan wajah pada kasus penggunaan yang sempit adalah tepat," tambah Pesenti.

Penghapusan fitur pengenal wajah oleh platform media sosial terbesar di dunia ini terjadi karena industri teknologi menghadapi dilema tentang etika penggunaan teknologi selama beberapa tahun terakhir.

Kabar ini juga muncul ketika Facebook berada di bawah pengawasan ketat dari regulator dan anggota parlemen atas keamanan pengguna dan berbagai pelanggaran di platformnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Meluluhkan Hati Suami, Istri Wajib Tahu dan Baca!

Minggu, 28 November 2021 | 16:08 WIB

2 Jenis Taman Makam Pahlawan yang Layak Kamu Tahu

Selasa, 2 November 2021 | 17:16 WIB

Resep Capcay Sayur Simpel dan Murah

Jumat, 29 Oktober 2021 | 17:19 WIB
X