Selain Ancaman Evali, Benarkah Vaping Meningkatkan Risiko Covid 19?

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 14:48 WIB
Rokok elektronik atau vape. (Unsplash/Vaporesso)
Rokok elektronik atau vape. (Unsplash/Vaporesso)

SUMBER, AYOCIREBON.COM- Keberadaan rokok elektronik atau e - rokok, yang dikenal pula dengan sebutan vape, selama beberapa tahun terakhir telah menjadi 'pesaing' rokok tembakau sejak kemunculannya pada sekitar awal 2000.

Cara kerja rokok elektronik atau vape melalui pemanasan cairan untuk menghasilkan aerosol yang dihirup pengguna (vaper) ke paru - paru mereka.

Cairan dalam rokok elektronik atau vape dapat mengandung minyak nikotin, tetrahydrocannabinol (THC), cannabinoid (CBD), dan zat perasa serta zat aditif lain. THC sendiri merupakan senyawa psikoaktif yang menghasilkan pikiran melayang.

Aktivitas merokok menggunakan vape atau vaping belakangan banyak ditemukan. Seiring tingginya minat
orang untuk beralih dari rokok tembakau ke vape, kini banyak pula berdiri toko - toko penjual vape dan kelengkapannya.

Awalnya, vape dianggap sebagai alternatif yang lebih aman ketimbang rokok tembakau. Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan telah terjadi hampir 3.000 kematian akibat Evali yakni cedera paru paru terkait penggunaan vape.

Hasil uji laboratorium menemukan adanya vitamin E asetat pada produk cairan / liquid vape dan cairan paru paru penderita evali.

Vitamin E asetat umumnya tidak berbahaya bila dikonsumsi sebagai suplemen vitamin atau dioleskan ke kulit. Namun, vitamin yang digunakan sebagai zat aditif ini, terutama dalam produk vaping yang mengandung THC, dapat mengganggu fungsi normal paru paru ketika dihirup.

CDC sendiri telah merekomendasikan agar orang tidak menggunakan vape yang mengandung THC sebab vitamin E asetat tidak boleh ditambahkan dalam produk vaping apapun.

CDC juga mengingatkan vaper untuk tidak boleh kembali menggunakan rokok tembakau. Pun sebaliknya, perokok tembakau tidak boleh menggunakan vape.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Meluluhkan Hati Suami, Istri Wajib Tahu dan Baca!

Minggu, 28 November 2021 | 16:08 WIB

2 Jenis Taman Makam Pahlawan yang Layak Kamu Tahu

Selasa, 2 November 2021 | 17:16 WIB

Resep Capcay Sayur Simpel dan Murah

Jumat, 29 Oktober 2021 | 17:19 WIB
X