PMI Penyintas Covid 19 Rentan Alami Gangguan Mental dan Psikis

- Senin, 13 September 2021 | 16:13 WIB
Para penyintas Covid 19, terutama PMI rentan, mengalami gangguan mental maupun psikis. (Unsplash/Önder Örtel)
Para penyintas Covid 19, terutama PMI rentan, mengalami gangguan mental maupun psikis. (Unsplash/Önder Örtel)

SURABAYA, AYOCIREBON.COM- Para pekerja migran Indonesia (PMI) yang menjadi penyintas Covid 19 rentan mengalami gangguan mental maupun psikis. Pendampingan, baik internal maupun eksternal, diperlukan bagi PMI penyintas Covid 19.

Dokter spesialis kesehatan jiwa Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, Mayor laut (K/W) dr Ni Kadek Ratnadewi mengungkapkan, secara umum para penyintas
Covid 19 kerap mendapat penolakan dari masyarakat.

Penolakan terhadap penyintas Covid 19 dilatari beragam alasan, antara lain ketakutan akan tertular, risih, hingga berisiko terhadap sekitarnya. Kondisi itu mengganggu mental maupun psikis para penyintas Covid 19.

Menurut Kadek, hal itu merupakan problematika yang khas di lingkungan pasien atau penyintas Covid 19, terutama pasien PMI. Mayoritas PMI menghadapi kendala mental maupun psikis.

Salah satu pemantik yang dominan adalah saat kepulangannya ke Indonesia, berharap segera sampai dan bisa berkumpul dengan keluarga.

"Ternyata, mereka (PMI) harus menjalani aturan karantina. Apalagi, terkonfirmasi positif Covid 19 dan mengharuskan diisolasi minimal 14 hari," kata Kadek, Senin, 13 September 2021 sebagaimana dilaporkan Ayosurabaya.com (jaringan
Ayocirebon.com).

Dia menjelaskan, PMI yang dirawat setelah 14 hari masih positif, kian menambah beban psikis. Untuk itu, pihaknya melakukan terapi psikis dan konsultasi.

Langkah pertama, nakes dan dokter memberikan psikotherapy bagi yang mengalami psikis ringan. Ke - 2, untuk PMI yang mengalami psikis berat, dibantu dengan
memberikan tambahan farmakoligi.

Lngkah ke - 3, relawan pendamping memberikan program bertajuk 'Teman Curhat', yang diharap bisa membantu mengurangi beban masalah psikis yang diderita para pasien PMI.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi HP Kamera Terbaik 2021, Wajib Koleksi!

Kamis, 23 September 2021 | 07:45 WIB

Boris Preman Pensiun Diamankan Polisi Gegara Narkoba

Rabu, 15 September 2021 | 19:21 WIB

Terpopuler

X