Varian Mu Covid - 19, Sejauhmana ya Risiko Ancamannya?

- Rabu, 8 September 2021 | 13:53 WIB
Dunia kembali dihadapkan pada kemunculan varian Mu Covid - 19 yang baru. (Pexels/Anna Shvets)
Dunia kembali dihadapkan pada kemunculan varian Mu Covid - 19 yang baru. (Pexels/Anna Shvets)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM- Kemunculan varian Mu (dibaca Myu) Covid - 19 belakangan tengah menyedot perhatian publik. Varian Mu atau B.1.621 dianggap mengandung risiko ancaman tinggi sebab diperkirakan bisa menghindari antibodi.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO sendiri sudah mengkategorikan varian Mu sebagai variant of interest (VOI) atau masih dalam pengamatan.

Varian Mu pertama kali ditemukan di Kolombia pada 11 Januari 2021. Sejauh ini, varian Mu sudah ditemukan di 43 negara di dunia.

"Varian Mu dikategorikan sebagai salah satu Variant of Interest (VOI) WHO karena berpotensi menghindari antibodi berdasarkan penelitian awal pada serum penyintas dan orang yang sudah divaksin," tulis Ovin Nada S, Jonathan Tanusaputera, dan Mutiara Anissa, lewat akun Instagram Pandemic Talks, Selasa, 7 September 2021.

Apa itu variant of interest?

Dikutip Ayocirebon.com dari sumber yang sama, variant of interest merupakan varian dengan sifat genetik yang salah satunya diperkirakan dapat mempengaruhi karakteristik virus, seperti penularan, keparahan penyakit, sulit dikenali sistem imun, hingga sulit didiagnosis dan terapi.

Varian - varian Virus SARS-CoV-2 yang terkategori variant of interest ini juga diperkirakan berperan dalam peningkatan kasus dan kemunculan kluster Covid - 19 di beberaoa negara.

Selain terkategori variant of interest, varian Mu punya beberapa fitur yang diduga bisa membuatnya lebih resisten terhadap vaksin.

Sebuah studi di Ekuador memperlihatkan varian Mu mungkin lebih mudah menular dibanding varian - varian SARS-CoV-2 sebelumnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi HP Kamera Terbaik 2021, Wajib Koleksi!

Kamis, 23 September 2021 | 07:45 WIB

Boris Preman Pensiun Diamankan Polisi Gegara Narkoba

Rabu, 15 September 2021 | 19:21 WIB

Terpopuler

X