Tarif Tes Antigen Turun, Warganet Minta Penurunan Tarif Tes Lain

- Selasa, 7 September 2021 | 13:11 WIB
Pemerintah menurunkan tarif tes antigen di seluruh fasyankes di Indonesia. (Ayobandung.com/Irfan  Al Faritsi)
Pemerintah menurunkan tarif tes antigen di seluruh fasyankes di Indonesia. (Ayobandung.com/Irfan Al Faritsi)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM- Tarif tes antigen resmi diturunkan pemerintah. Penurunan tarif pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen ini berlaku di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyenkes) se - Indonenesia.

Kementerian Kesehatan atau Kemenkes RI mengumumkan tarif tes antigen turun melalui akun Instragram @kemenkes_ri. Tarif tes antigen di Jawa dan Bali menjadi sebesar Rp99.00), sedangkan di luar wilayah Jawa dan Bali sebesar Rp109.000.

Kebijakan tarif tes antigen turun ini telah berlaku sejak 1 September 2021, yang diatur dalam Surat Edaran Nomor HK 02.02/I/3065/2021 Tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Test Diagnostic Antigen (RDT-Ag) pada 1 September 2021.

Namun, tarif tes antigen tersebut hanya berlaku bagi warga yang melakukan tes rapid antigen secara mandiri.

Besaran tarif tes antigen itu tak berlaku bagi kontak erat atau contact tracing atau rujukan rumah sakit yang penyelenggaraannya mendapatkan bantuan biaya tes dari pemerintah.

Pemberlakukan tarif tes antigen ini diklaim Kemenkes RI sebagai hasil evaluasi pemerintah, dengan mempertimbangkan komponen jasa pelayanan berupa sumber daya manusia, komponen reagen, dan bahan habis pakai (BHP).

Pertimbangan lain berupa komponen biaya administrasi, overhead dan komponen biaya lain, yang disesuaikan kondisi sekarang.

Kemenkes RI berharap, penurunan tarif tes antigen dapat menaikkan pengujian (testing) kasus Covid - 19 dan pada gilirannya memutus mata rantai penularan penyakit menular yang disebabkan virus SARS-CoV-2 ini.

Atas kebijakan itu, Kemenkes RI pun meminta Dinas Kesehatan Provinsi maupun dinas kesehatan kota/kabupaten mengawasi pemberlakuan tarif tes antigen pada seluruh fasyankes yang menyediakan fasilitas pemeriksaan RDT-Antigen.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi HP Kamera Terbaik 2021, Wajib Koleksi!

Kamis, 23 September 2021 | 07:45 WIB

Boris Preman Pensiun Diamankan Polisi Gegara Narkoba

Rabu, 15 September 2021 | 19:21 WIB

Terpopuler

X