Petisi Boikot Saipul Jamil Lebihi 410 Ribu Tanda Tangan

- Senin, 6 September 2021 | 15:20 WIB
Pedangdut Saipul Jamil sekeluar dari Lapas Cipinang. Belakangan muncul petisi untuk memboikotnya dari televisi dan YouTube. (Suara.com)
Pedangdut Saipul Jamil sekeluar dari Lapas Cipinang. Belakangan muncul petisi untuk memboikotnya dari televisi dan YouTube. (Suara.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- Lebih dari 400.000 orang telah menandatangani petisi boikot Saipul Jamil untuk tampil di televisi nasional dan YouTube. Sejauh ini, petisi sudah mencapai 410.225 penandatangan dan jumlahnya terpantau terus bertambah.

Ditujukan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), para penandatangan menolak Saipul Jamil tampil lagi di televisi dan YouTube sebab memandangnya sebagai mantan narapidana pedofilia.

Para penandatangan petisi boikot Saipul Jamil menilai, Saiful Jamil tak pantas berada di bawah lampu sorot dunia bintang dan muncul di hadapan publik, sementara para korbannya merasa trauma.

"Saya berempati para korban. Dan sudah sepatutnya pelaku pedofilia diboikot dari acara manapun karena menimbulkan eresahan masyarakat dan bisa memicu trauma korban. Sungguh memalukan nama Indonesia bagaimana mungkin pelaku kejahatan malah diberi panggung dan diarak bak pahlawan yang mengharumkan nama bangsa. Sungguh teramat memalukan!" tulis Ephifania Sheilla, salah satu penandatangan petisi boikot Saipul Jamil pada laman change.org yang dimulai oleh Lets Talk and enjoy 3 hari lalu.

"Tidak sepantasnya mantan napi pelaku pencabulan anak disambut begitu meriah, tidak pantas orang tidak bermoral pelaku pencabulan anak tampil di TV yg ditonton oleh masyarakat se-Indonesia. Jangan menormalisasi hal yg seperti ini. Bagaimana jika korban yg trauma beserta keluarga menyaksikan pelaku tertawa haha hihi di TV dan dinikmati khalayak ramai. Sungguh tidak pantas," tulis penandatangan lainnya, Nayana Zuhriyah.

Saipul Jamil yang memiliki nama lengkap Jamiluddin Purwanto resmi bebas dari Lapas Cipinang pada 2 September 2021. Sekeluar dari lapas, Saiful beroleh sambutan dan kalungan bunga.

Dari atas mobil porsche yang membawanya, Saipul tampak melemparkan senyum lebar ke arah khalayak yang menyambutnya. Tak hanya sambutan yang dinilai sebagian publik tak pantas, tawaran kerja sekeluarnya dari penjara terhadap Saiful Jamil pun menjadi sorotan.

Saipul Jamil divonis hukuman penjara di 2 kasus pada 2016. Pada 14 Juni 2016, Pengadilan Negara Jakarta Utara menjatuhkan hukuman 3 tahun kepada pedangdut berusia 41 tahun itu.

Hakim ketika itu menyatakan Saipul jamil terbukti melanggar Pasal 292 KUHP tentang perbuatan cabul setelah mencabuli korban berusia dini yang tinggal di rumahnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi HP Kamera Terbaik 2021, Wajib Koleksi!

Kamis, 23 September 2021 | 07:45 WIB

Boris Preman Pensiun Diamankan Polisi Gegara Narkoba

Rabu, 15 September 2021 | 19:21 WIB

Terpopuler

X