KSPI : Jiwasraya Langgar Perjanjian Kerja, Harus Dijatuhi Sanksi

- Kamis, 23 September 2021 | 18:24 WIB
PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diduga melanggar ketentuan ketenagakerjaan yang merugikan para pegawainya. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diduga melanggar ketentuan ketenagakerjaan yang merugikan para pegawainya. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM- Dugaan pemaksaan mundur terhadap pekerja PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) oleh oknum dinilai sebagai sebuah pelanggaran terhadap perjanjian kerja.

Ketua Departemen Komunikasi dan Media Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Kahar S Cahyono menyatakan, pengunduran diri pekerja terhadap suatu perusahaan selayaknya bersifat sukarela atau tanpa paksaan.

"Jadi, para pegawai (pekerja Jiwasraya) ketika diminta mengundurkan diri, tak perlu ditanggapi karena hal itu (pengunduran diri) sifatnya sukarela," kata Kahar ketika berbincang dengan Ayobandung.com (jaringan Ayocirebon.com), Kamis, 23 September 2021.

Sebelumnya, serikat pekerja Jiwasraya diduga beroleh dorongan dari oknum - oknum tertentu untuk menandatangani surat penyataan kesediaan migrasi dan surat pengunduran diri secara mendadak dan mendesak.

Kahar pula menyoroti sikap perusahaan yang abai terhadap cuti para pekerja.

Dia menegaskan, cuti merupakan hak yang melekat pada setiap pekerja di suatu perusahaan.

Bila perusahaan mengabaikan cuti pekerja, sanksi sejatinya membayangi perusahaan bersangkutan.

"Hak cuti adalah hak yang melekat pada karyawan. Ada sanksi yang harus diberikan kepada Jiwasraya, kalau terbukti tidak memberikan cuti kepada para pegawainya," tuturnya.

Ketua Serikat Pekerja Jiwasraya, Hotman David dalam keterangan tertulisnya mengemukakan, Jiwasraya diduga melanggar hak dan syarat kerja dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan UU yang berlaku.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Batal Pulkam, Pemerintah Hapus Libur Natal 2021

Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:13 WIB

Gaduh Kabar Megawati Sakit, PDIP Beri Bantahan

Kamis, 9 September 2021 | 13:56 WIB
X