Harumkan Indramayu, Polindra Berhasil Sabet Emas Kompetisi Hackathon

- Rabu, 30 Juni 2021 | 15:02 WIB
Politeknik Indramayu (Polindra) berhasil menyabet emas dalam kategori Hackathon di ajang Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) III. (dok. Pemkab Indramayu)
Politeknik Indramayu (Polindra) berhasil menyabet emas dalam kategori Hackathon di ajang Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) III. (dok. Pemkab Indramayu)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Politeknik Indramayu (Polindra) berhasil menyabet emas dalam kategori Hackathon di ajang Kompetisi Mahasiswa Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) III.  Direktur Polindra Casiman Sukardi mengatakan, Polindra mengirimkan 15 tim untuk mengikuti 7 kategori yang dilombakan.

Ketujuh kategori itu yakni Animasi, Bisnis TIK, Cipta Inovasi, e-Goverment, Game Development, Hackathon, Internet of Things, dan Keamanan Jaringan. Tim Sonic mahasiswa Polindra yang terdiri dari Muhamad Abdan, Maulana Ilham Ginanjar, dan Abu Mushonnip berhasil menyabet medali emas di kategori Hackathon.

Ia menjelaskan, Hackathon merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu “hack” dan “marathon“. Memang, kata Casiman, biasanya hacking dikaitkan dengan aktivitas ilegal untuk mendapatkan akses ke sebuah sistem atau jaringan komputer.

AYO BACA : Polres dan Kodim Indramayu Gelar Vaksinasi Gratis Mulai 29 Juni, Simak Syaratnya

Namun, terangnya, kedua kata ini digabungkan menjadi kegiatan yang benar-benar legal dan bahkan positif. Secara sederhana, hackathon merupakan kegiatan kompetisi pemrograman yang berlangsung untuk beberapa jam hingga beberapa hari.

“Meskipun tergolong Politeknik baru, alhamdulilah kami mampu bersaing di ajang kompetisi tingkat nasional. Kami dapat bersaing secara sehat dengan Politeknik-Politeknik yang lebih dulu ada. Alhamdulillah, kami berhasil menyabet emas melalui Hackthon. Insyaallah ke depannya kami tingkatkan lagi prestasinya, minta doa dan dukungannya dari seluruh masyarakat Indramayu,” katanya, dalam keterangan resmi.

Sementara itu, Pembimbing Tim Sonic Polindra, Adi Suheryadi mengatakan, proses pendampingan dilakukan secara bertahap mulai pada pembentukan dan penguatan ide proposal, kemutakhiran fitur aplikasi, dan pembuatan draf proposal serta fiksasi aplikasi

AYO BACA : Sempat Viral, Keluarga ODGJ di Indramayu Akhirnya Miliki Dokumen Kependudukan Resmi

Pendampingan ditempuh dalam waktu yang efektif sekitar satu sampai dua bulan hingga pada final pelaksanaan KMIPN. Tentunya tidak hanya pada waktu intensif lomba saja tim mendapatkan pembekalan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Persyaratan PPDB SMA Cirebon 2021 Jalur Afirmasi

Kamis, 10 Juni 2021 | 06:16 WIB
X