Keren, 5 Pahlawan Indonesia jadi Nama Jalan di Luar Negeri!

- Selasa, 2 November 2021 | 12:10 WIB
Pahlawan Indonesia, Kapten Pattimura, diabadikan sebagai nama jalan Pattimurastraat di Kawasan Wierden, Belanda. (Twitter @Zarazettirazr)
Pahlawan Indonesia, Kapten Pattimura, diabadikan sebagai nama jalan Pattimurastraat di Kawasan Wierden, Belanda. (Twitter @Zarazettirazr)

AYOCIREBON.COM- Sebuah kutipan populer dari Bung Karno kerap didengar sebagai peringatan atas pentingnya mengingat jasa para pahlawan bangsa, "Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar".

Mengenang para pahlawan merupakan cara untuk mengingat dan memahami perjuangan mereka selama masa merebut kemerdekaan dari penjajah asing.

Dengan mengenang, generasi yang telah menikmati kemerdekaan dari kolonialisme diharapkan dapat mengisi kemerdekaan sebaiknya agar tak menyia-nyiakan segala pengorbanan yang telah dilakukan para pahlawan.

Cara mengenang jasa para pahlawan dapat dilakukan beragam, seperti mendatangi museum dan mengetahui perjuangan mereka, memberi tanda jasa bagi pejuang yang masih hidup, atau pula memberi nama jalan dengan nama pahlawan.

Hal yang lazim ketika hampir di setiap kota nama pahlawan Indonesia diabadikan sebagai nama jalan, terutama yang telah berjasa dalam lahirnya kemerdekaan bangsa.

Nama pahlawan Indonesia yang paling sering ditemui sebagai nama jalan antara lain Jenderal Sudirman, Pangeran Diponegoro, R.A Kartini, Jenderal Gatot Subroto, Jenderal Ahmad Yani, Tuanku Imam Bonjol, dan lainnya.

Tak hanya di tanah air lho, nama pahlawan Indonesia juga banyak digunakan untuk menamai jalan di luar negeri, seperti dilansir ayocirebon.com dari ayobandung.com. Berikut 6 pahlawan Indonesia yang namanya kekal sebagai nama jalan di luar negeri :

1. Ir. Soekarno

Bapak Proklamator bangsa diabadikan namanya sebagai nama jalan di salah satu negara di Afrika
utara, yakni Maroko. Di ibu kota Maroko, Rabat, dikenal dengan Rue Soekarno atau Avenue Soekarno.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Tahu Gejrot Cirebon ala Rumahan

Sabtu, 13 November 2021 | 15:52 WIB

Tren Aktivitas Generasi Milenial dengan Sepeda Motor

Kamis, 11 November 2021 | 17:29 WIB

Motor Sport Yamaha Konsisten Raih Penghargaan Terbaik

Rabu, 10 November 2021 | 11:53 WIB
X