Dibuka Agustus! Ini Link Pendaftaran dan Syarat Kartu Prakerja Gelombang 18

- Senin, 2 Agustus 2021 | 15:29 WIB
Dibuka Agustus! Ini Link Pendaftaran dan Syarat Kartu Prakerja Gelombang 18. (prakerja.go.id)
Dibuka Agustus! Ini Link Pendaftaran dan Syarat Kartu Prakerja Gelombang 18. (prakerja.go.id)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Kartu prakerja gelombang 18 segera dibuka pada Agustus 2021. Jangan sampai ketinggalan untuk cek link pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 serta syarat Kartu Prakerja Gelombang 18.

Kartu prakerja gelombang 18 dijadwalkan dibuka pada Agustus 2021 ini. Anda bisa mengakses pendaftaran Kartu Prakerja di prakerja.go.id.

Link pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 baru dapat diakses pada saat pengumumannya telah dirilis oleh pihak manajemen. Berikut ini linknya: https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.

Syarat Kartu Prakerja Gelombang 18

  1. Warga Negara Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas sehingga memiliki KTP
  2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  3. Termasuk orang yang sedang mencari pekerjaan, pekerja atau buruh yang mendapat PHK, dan pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan skills
  4. Selain itu, hal ini juga berlaku untuk pelaku usaha mikro dan kecil serta pekerja atau buruh yang dirumahkan dan bukan penerima upah
  5. Tidak menerima bantuan sosial lain selama pandemi covid-19
  6. Tidak termasuk pejabat negara, ASN, pimpinan dan anggota DPRD, anggota Polri, prajurit TNI, kepala desa dan perangkatnya, serta bukan direksi, komisaris, atau dewan pengawas di BUMN dan BUMD
  7. Maksimal hanya 2 NIK dalam 1 KK yang dapat menerima kartu prakerja

Dilaporkan Suara.com, sambil menunggu informasi pendaftaran kartu prakerja gelombang 18 dibuka secara resmi, Anda bisa membuka situs resmi prakerja.go.id untuk melihat isi fitur publikasi, lembaga pelatihan, tren rekrutmen, dan lain sebagainya. Dalam situs yang sama, Anda bisa melihat langkah-langkah mudah memiliki kartu prakerja yang tertera di website.

Alur Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18:

  1. Siapkan email, NIK, nomor KK, dan nomor HP yang aktif untuk mendaftar.
  2. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.
  3. Pilih pelatihan
  4. Ikuti pelatihan sampai selesai supaya mendapatkan sertifikat
  5. Beri rating dan ulasan pada pelatihan sambungkan rekening/e-wallet di salah satu mitra pembayaran untuk mendapatkan insentif Rp 600 ribu / bulan selama 4 bulan setelah Anda berhasil menyelesaikan pelatihan.

Kartu prakerja tidak hanya diperuntukan bagi mereka yang menganggur atau tidak bekerja. Mereka yang sudah bekerja, karyawan, korban PHK dan pelaku usaha mikro dan kecil juga boleh mendaftar sepanjang memenuhi persyaratan Kartu Prakerja dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi.

Bagi pendaftar yang lolos, akan menerima bantuan biaya pelatihan yang diberikan secara nontunai. Bantuan itu diberikan hanya sekali saja dengan nominal Rp 1 juta.

Saldo sebesar Rp 1 juta ini dipakai untuk membayar biaya pelatihan di platform-platform yang telah bekerja sama dengan Prakerja. Sisa saldo bantuan Prakerja tidak dapat diuangkan, jadi penerima diminta beli pelatihan sebanyak-banyaknya untuk memaksimalkan saldo.

Selain itu, dana Prakerja ini juga memiliki masa kedaluwarsa. Setelah membeli pelatihan pertama, kamu bisa menggunakan sisa saldo bantuan pelatihan sampai 15 Desember pada tahun anggaran berjalan. Jika lewat dari tanggal tersebut, maka saldo pelatihan akan kedaluwarsa.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X