5 Rekomendasi Film Seru Bertema Olimpiade

- Jumat, 30 Juli 2021 | 10:20 WIB
Film Race. (Entertainment One Film)
Film Race. (Entertainment One Film)

LOS ANGELES, AYOCIREBON.COM -- Berlangsungnya Olimpiade Tokyo 2020 mengingatkan beberapa film tentang ajang kontes olahraga itu. Moto Olimpiade diketahui adalah Citius, Altius, Fortius, yang berarti Lebih Cepat, Lebih Tinggi, dan Lebih Kuat.

Berikut beberapa rekomendasi film bertema Olimpiade yang bisa Anda tonton untuk menambah semangat Olimpiade, seperti dilansir Republika di laman South China Morning Post.

1. Fists of Freedom (1999)

Saat pertandingan musim panas 1968 di Mexico City digelar, terjadi kerusuhan sipil yang hebat. Perang Vietnam berkecamuk, seperti halnya gerakan hak-hak sipil di Amerika Serikat. Meksiko juga terhuyung-huyung dari protes kekerasan menentang korupsi politik.

Adegan yang paling diingat pada momentum ini adalah Tommie Smith dan John Carlos yang berhasil memenangkan lomba lari 200 meter. Film dokumenter yang menarik ini merinci perjuangan para atlet Afrika-Amerika menjelang pertandingan, pengalaman mereka di Mexico City, dan akibat dari sikap berani mereka yang berujung kepada pengusiran dari arena olahraga.

2. One Day in September (1999)

Pada 1972, Jerman sangat ingin menghapus memori memalukan dari pertandingan 1936 dengan Olimpiade di Munich yang memamerkan Jerman Barat yang demokratis. Rencana mereka hancur ketika sebuah kelompok ekstremis Palestina bernama Black September menyelinap ke kompleks Desa Olimpiade yang indah. Mereka menyandera 11 anggota delegasi Israel.

Kebuntuan berikutnya menjadi "sirkus" media global, serta perseteruan politik yang pahit antara kepemimpinan Jerman dan Israel. Film dokumenter mendebarkan yang disutradarai oleh Kevin MacDonald ini memenangkan Academy Awards. 

3. Foxcatcher (2014)

Film ini merupakan kisah nyata mengerikan dari pegulat peraih medali emas Olimpiade, Mark dan David Schultz. Hubungan mereka yang beracun dengan dermawan eksentrik John du Pont, adalah fokus dari drama besutan sineas Bennett Miller ini.

Dipicu oleh rasa iri, kesepian, dan adanya hak istimewa, Du Pont (diperankan oleh Steve Carell) mempekerjakan juara bersaudara (Channing Tatum dan Mark Ruffalo) untuk melatih tim gulat pribadinya demi kejayaan Olimpiade pada masa depan.

Yang terungkap pada film ini adalah proses mengejutkan dari apa yang mendorong seseorang untuk menuju kemenangan, kesuksesan, serta  kekuatan destruktif yang menyertainya. Miller memperoleh penghargaan sebagai sutradara terbaik di Cannes kala itu.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X