Setelah Idul Fitri dan Idul Adha, Amalan Apa yang Harus Dikerjakan Muslim?

- Selasa, 20 Juli 2021 | 12:55 WIB
Ilustrasi ibadah (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi ibadah (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Dua hari raya umat Islam pada 2021 sudah dilewati, yakni Idul Fitri dan Idul Adha. Lalu usai itu sampai akhirnya Ramadhan kembali ditemui muslim pada tahun selanjutnya, apa amalan yang kira-kira bisa dilakukan?

Sudah selayaknya amalan-amalan yang telah dilakukan setelah menjalani melewati dua momen besar itu berbanding lurus dengan dampaknya, entah konteksnya pada keimanan dan ketaqwaan. 

Artinya ibadah bukan hanya terbatas pada kewajiban atau amalan pada hari raya itu, seperti puasa Ramadhan sebelum Idul Fitiri atau berkurban di momen Idul Adha.

Mengutip tulisan Hasan Yazid Al-Palimbangy di laman Republika, dirinya mengutip surat al-baqarah ayat 183, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Dalam ayat di atas Allah SWT mempergunakan kata “taqwa” (orang-orang  yang bertakwa) dalam bentuk fi'il mudhori' (kata kerja yang menunjukkan perbuatan yang dikerjakan sekarang dan akan datang). Ini artinya disyariatkannya puasa Ramadhan dengan tujuan agar umat Islam meningkatkan ketakwaannya baik di bulan Ramadhan maupun di luar Ramadhan.

Dengan demikian Ramadhan berfungsi sebagai syahruttarbiyyah (bulan pelatihan). Selama sebulan penuh kita dikarantina, dilatih dengan berbagai bentuk ibadah individual seperti shalat, puasa, tadarrus  Quran, zikir dan ibadah sosial seperti zakat, infak, dan  sedekah. Semua itu hendaknya kita lanjutkan di luar Ramadhan. 

Ulama mengatakan, “Jadilah engkau hamba Allah Ta’ala (yang istiqamah beribadah setiap saat), dan janganlah engkau menjadi hamba Ramadhan yang semangat beribadahnya hanya di bulan Ramadhan.”

Sementara itu, setelah Idul Adha adalah Hari Tasyrik. Menyadur Suara.com, hari Tasyrik merupakan hari perayaan untuk umat Islam yang jatuh pada tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah.

Pada hari Tasyrik, seluruh umat Islam yang sedang melaksanakan haji akan berada di Mina untuk melakukan lempar jumrah. Melempar Jumrah ini merupakan salah satu rangkaian wajib ibadah Haji.  

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB

Link Live Streaming Upacara Hari Kemerdekaan ke-76 RI

Selasa, 17 Agustus 2021 | 05:58 WIB
X