Bagaimana Hukum Menyembelih Hewan Kurban Malam Hari?

- Selasa, 20 Juli 2021 | 08:21 WIB
Ilustrasi. Bagaimana Hukum Menyembelih Hewan Kurban Malam Hari? (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ilustrasi. Bagaimana Hukum Menyembelih Hewan Kurban Malam Hari? (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Bagaimana hukum menyembelih hewan kurban di malam hari? Berdasarkan pesan Telegram yang diperoleh Republika dari ustaz lulusan Universitas Islam Madinah, DR. Firanda Andirja, Lc. MA., disebutkan ada khilaf di kalangan para ulama terkait penyembelihan hewan kurban di malam hari.

 

Sebagian ulama mengatakan, menyembelih Udhhiyah hanya dibolehkan pada waktu siang hari, apabila disembelih pada malam hari, maka penyembelihan tersebut tidak sah.

AYO BACA : Idul Adha 2021: Hukum Memberi Daging Kurban untuk Non Muslim, Ternyata Bersyarat

لِيَشْهَدُوا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ فَكُلُوا مِنْهَا وَأَطْعِمُوا الْبَائِسَ الْفَقِيرَ

“Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” (QS. Al-Hajj: 28)

Artinya agar orang-orang mengingat Allah ﷻ di hari-hari yang diketahui atas hewan ternak yang mereka sembelih. Di dalam ayat ini Allah ﷻ menyebutkannya dengan أَيَّامٍ yang bermakna siang hari.

AYO BACA : Rukun Kurban Idul Adha 2021, Syarat Sah Melakukan Kurban

Adapun sebagian ulama yang lain berpendapat dimakruhkan menyembelih Udhhiyah pada waktu malam hari.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

5 Alasan Kamu Harus Berjalan Kaki dan Tips Memulainya

Selasa, 16 November 2021 | 19:17 WIB

Ini Hukum Menahan Kentut saat Salat

Senin, 8 November 2021 | 13:57 WIB
X