Masih Banyak Orang Tua Enggan Vaksinasi Anak Dilakukan

- Minggu, 11 Juli 2021 | 18:59 WIB
ilustrasi vaksinasi anak. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
ilustrasi vaksinasi anak. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Masih banyak orang tua yang enggan dengan program vaksinasi anak. Hal ini seperti ditelusuri Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) dalam surveinya. 

Merek merilis hasil survei yang menunjukkan, 23,5 persen orang tua ragu-ragu dan 13,2 persen orang tua tidak setuju terhadap vaksinasi Covid-19 untuk anak.

Alasan terbesarnya, kata P2G,  orang tua khawatir anaknya mengalami dampak buruk setelah divaksinasi. 

"Alasan tertingginya, yang pertama, 72,5 persen (orang tua) khawatir berdampak buruk pada anak setelah divaksinasi," ujar Kepala Bidang Advokasi P2G, Iman Zanatul Haeri, dalam rilis survei secara daring, Minggu, 11 Juli 2021, mengutip Republika.

Alasan orang tua ragu-ragu dan tidak setuju terhadap vaksinasi Covid-19 untuk anak berikutnya antara lain, khawatir tujuan vaksinasi bukan untuk kesehatan (5,4 persen), khawatir vaksin tidak halal (4,2 persen), anak memiliki penyakit (5,2 persen), dan vaksin belum teruji (4 persen).

Di sisi lain, memang 63,3 persen orang tua setuju atas pemberian vaksin Covid-19 untuk anak. 

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim mengatakan, Kemenkes, Kemendikbudristek, Kemenag, pemerintah daerah, sekolah, wali kelas, dan media massa perlu melakukan sosialisasi dan edukasi manfaat vaksinasi anak kepada orang tua.

Mulai dari prosedur teknis vaksinasi siswa, syaratnya, cara pendaftarannya, serta tempat vaksinasi.  "Informasi tersebut harus disampaikan kepada orang tua secara jelas dan komprehensif," kata Satriwan.

P2G meminta sekolah-sekolah proaktif berkoordinasi dengan lembaga terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan untuk penjadwalan vaksinasi siswa. Selain itu, pemerintah juga harus menjamin ketersediaan vaksin gratis bagi siswa, guru, dan tenaga pendidikan. 

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB
X