Bacaan Niat Sholat Witir 1 Rakaat dan Hukum Menggabungkan Witir 3 Rakaat

- Rabu, 7 Juli 2021 | 01:54 WIB
Ilustrasi sholat witir. Bacaan niat sholat witir 1 rakaat
Ilustrasi sholat witir. Bacaan niat sholat witir 1 rakaat

AYOCIREBON--Masih banyak yang mempertanyakan mengenai bacaan niat sholat witir 1 rakaat ketika dilakukan sendirian maupun berjamaah. Ada juga pertanyaan apakah sholat witir digabung sekaligus boleh, lalu seperti apa bacaan niat sholat witir tiga rakaat?

Artikel ini akan mengulasi mengenai tata cara sholat witir, hadist, hukum dan bacaan niat sholat witir 1 rakaat sendiri dan berjaah untuk memudahkan kita dalam menjalankan sholat Sunnah penutup ini

Dilansir dari NU Online, Shalat witir merupakan salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh syara’. 

Bahkan dalam mazhab hanafi, hukumnya bukan lagi sebatas sunnah, tapi wajib. Hal tersebut merupakan salah satu bukti betapa dianjurkannya melaksanakan shalat witir. Rasulullah dalam salah satu haditsnya memerintahkan agar shalat witir dijadikan sebagai penutup shalat malam:

 اجْعَلُوا آخِرَ صَلَاتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا “

 

"Jadikan shalatmu yang paling akhir di waktu malam berupa shalat witir” (HR. Bukhari Muslim).

Saat bulan Ramadhan, shalat witir umumnya dilaksanakan setelah selesai melaksanakan shalat tarawih, sebagian ada yang melaksanakan hanya satu rakaat, sebagian lain melaksanakannya sampai tiga rakaat. 

Dalam hal ini patut dipahami bahwa satu rakaat adalah jumlah minimal pelaksanaan shalat witir, maksimalnya adalah sebelas rakaat dan jumlah rakaat shalat witir yang dinilai paling sempurna adalah sebanyak lima rakaat. 

Halaman:

Editor: A. Dadan Muhanda

Tags

Terkini

5 Alasan Kamu Harus Berjalan Kaki dan Tips Memulainya

Selasa, 16 November 2021 | 19:17 WIB

Ini Hukum Menahan Kentut saat Salat

Senin, 8 November 2021 | 13:57 WIB
X