Habib, Cara Membedakan Asli atau Palsu dan Kategorinya

- Rabu, 9 Juni 2021 | 20:13 WIB
ilustrasi --   Soekarno bersendau gurau dengan Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsy (Habib Kwitang) serta sejumlah habaib. (Tangkapan layar Republika)
ilustrasi -- Soekarno bersendau gurau dengan Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsy (Habib Kwitang) serta sejumlah habaib. (Tangkapan layar Republika)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Habib adalah sebutan sekaligus gelar yang disematkan tidak sembarangan. Menurut organisasi pencatat ketutunan Nabi Muhammad SAW, Rabithah Alawiyah, habib berasal dari kata habaib, yang artinya adalah keturunan Rasulullah yang dicintai.

Lantas bagaimana agar masyarakat awam mengetahui bahwa individu yang mendapat titel habib adalah asli keturunan nabi? Tentu bila disimak sekedar dari sisi fisik atau tampilan luar seperti menggunakan jubah, gamis, atau memiliki tampang Timur Tengah, bisa saja penilaian yang orang awam lakukan justru salah.

Melansir NU Online, Direktur Aswaja NU Center Kabupaten Bekasi Kiai Usamah Zahid mengatakan, ada sebuah cara yang bisa digunakan untuk memastikan seseorang bergelar habib.

AYO BACA : Habib Bahar bin Smith Sebut Oknum Tunggangi Kasusnya

“Cara paling tepat atau valid untuk cek kebenaran habib asli atau palsu adalah dengan mendatangi Rabithah Alawiyah yaitu organisasi yang menghimpun WNI yang memiliki keturunan langsung dengan Rasulullah SAW,” kata Wakil Ketua PCNU Kabupaten Bekasi itu, dikutip Rabu, 9 Juni 2021.

Kiai Usamah menceritakan, belum lama ini di Cibitung, Bekasi, ada orang yang mengaku dirinya sebagai habib namun ketika dicek oleh para habib ternyata mereka tidak ada yang mengenalinya. Padahal, biasanya seorang habib saling mengenal satu sama lain karena mereka masih punya pertalian nasab.

“Pada dasarnya habib adalah dzuriyyah rasul atau keturunan Rasulullah saw melalui jalur Sayyidina Ali dan Sayyidatuna Fatimatuh, kemudian putra Sayyidina Hasan dan Husen lalu menurunkan generasi di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia,” ujar alumni Pesantren Tambak Beras, Jombang, Jawa Timur itu.

AYO BACA : Vonis Habib Bahar bin Smith Lebih Ringan Daripada Habib Rizieq Shihab

Habib, kata Kiai Usamah, bermakna orang yang dicintai dan mencintai, habib juga bisa jadi isim fail (pelaku) atau isim maf`ul (objek), artinya ketika seorang habib memiliki sifat dasar cinta dalam hatinya maka perilaku dan ahlaknya harus sesuai dengan gelar yang disandangnya apalagi di belakang nama habib ada nama besar Rasulullah SAW.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

5 Alasan Kamu Harus Berjalan Kaki dan Tips Memulainya

Selasa, 16 November 2021 | 19:17 WIB

Ini Hukum Menahan Kentut saat Salat

Senin, 8 November 2021 | 13:57 WIB
X