Doa dan Bacaan saat Malam Lailatul Qadar sesuai Sunah Nabi

- Selasa, 27 April 2021 | 02:30 WIB
Meskipun kita tidak mengetahui secara pasti kapan Lailatul Qadar turun, namun tedapat amalan yang bisa terus dilakukan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Meskipun kita tidak mengetahui secara pasti kapan Lailatul Qadar turun, namun tedapat amalan yang bisa terus dilakukan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Terdapat 5 waktu terkabulnya doa, sebagaimana disinggung dalam buku Doa dari Alquran dan As sunnah yang Shahih karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas. Satu di antaranya adalah pada Malam Lailatul Qadar.

Di samping itu, pada pertengahan malam terakhir, ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Berdasarkan hadis riwayat Al-bukhari, muslim dan lainnya. Sepertiga malam terakhir kira-kira antara jam 24.00 sampai menjelang subuh (fajar).

Lalu Duburush Shalawaatil Maktuubah (akhir salat-salat wajib). Syaikh bin Baaz rahimahullah berkata, duburush shalah bisa berarti akhir salat sebelum salam, juga bisa berarti sesudah salam (langsung). Banyak sekali hadits menunjukkan kepada dua pengertian tersebut. Namun kebanyakan hadist-hadist itu menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah akhir salat, tetapi sebelum salam, karena hal itu ada kaitannya dengan doa (dan seterusnya).

AYO BACA: Amalan Nuzulul Quran Tanggal 17 Ramadhan

Kemudian waktu doa terkabul selanjutnya adalah waktu antara adzan dan iqamah. Seterusnya adalah saat setiap kali setelah dikumandangkan adzan.

Doa yang Dianjurkan Nabi saat Malam Lailatul Qadar

Mengutip artikel NU.or.id yang ditulis oleh Hengky Ferdiansyah, umat Islam bisa mendapatkan malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan ini dengan banyak beribadah dan doa malam Lailatul Qadar seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Mesti begitu, tak ada seorang makhluk hidup di dunia yang mengetahui secara pasti kapan Lailatul Qadar terjadi. Malam penuh keberkahan itu konon turun di malam-malam ganjil pada 10 malam terakhir.

AYO BACA: Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar dan Melihat Tanda Menerimanya

Hal ini tertuang dalam hadis riwayat Al Bukhari yang artinya sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X