Tidurnya Orang Puasa Adalah Ibadah, Bisakah Jadi Dalil Selama Ramadhan?

- Rabu, 21 April 2021 | 15:45 WIB
Bisakah hadist yang menyebut
Bisakah hadist yang menyebut

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Bisakah hadist yang menyebut "tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah" dijadikan dalil selama menjalani puasa Ramadhan?

Melansir Republika, Allah SWT menyediakan pahala bagi orang yang serius manfaatkan bulan Ramadhan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan keshalihan sosial. Untuk itu bersungguh-sungguhlah untuk memanfaatkan waktu Ramadhan yang telah Allah amanahkan kepada kita.

AYO BACA: Menu Sahur dan Buka Puasa Khas Sunda, Coba Yuk!
AYO BACA: Dipakai Indonesia, WHO Belum Luluskan Vaksin Sinovac

"Ramadhan yang tidak dihiasi dengan amal sosial dan ibadah, rasanya kering dan gersang ibarat tinggal di rumah kosong sendirian," kata Ustadz H Saifuddin Aman Al Damawy dalam bukunya "Hidangam Ramadhan".

Menurutnya, jika Ramadhan dilalui hanya dengan tidur-tiduran, sama artinya ingin mendapatkan penghasilan tetapi tidak bekerja. Tentu sikap seperti bukan cerminan orang Islam 

"Mana mungkin? Ingin menjadi orang kaya tetapi hanya menghayal, ingin mendapat pahala atau upah tetapi tidak berbuat apa-apa. Mana bisa," katanya.

Ustadz H Saiufuddin mengingatkan agar kita tidak terpedaya oleh kata-kata "tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah." Hadits itu kata dia diriwayatkan oleh Ibnu Abi Aufa, dalam sanadnya ada Ibnu Hasan dan Sulaiman Ibn An-Nakhai, kapabilitas Ibnu Hasan dinilai dhaif dan Sulaiman lebih dhaif lagi. 

"Itu sebabnya tidak boleh dijadikan dalil," katanya.

AYO BACA: Hukum Bekam Saat Puasa Ramadhan 2021
AYO BACA: Waktu yang Tepat Membayar Zakat Fitrah Lebaran 2021

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB
X