Diringkus Polisi, Begini Peran Terduga Teroris yang Diamankan dari Bekasi dan Jakarta

- Senin, 29 Maret 2021 | 20:34 WIB
Barang bukti yang diamankan kepolisian hasil penangkapan para terduga teroris di Bekasi dan Jakarta. (Ayojakarta.com/Fichri Hakiim)
Barang bukti yang diamankan kepolisian hasil penangkapan para terduga teroris di Bekasi dan Jakarta. (Ayojakarta.com/Fichri Hakiim)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Polda Metro Jaya mengamankan total 4 orang terduga teroris di dua tempat, yakni di Jalan Raya Cikarang, Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa barat dan Jalan Raya Condet nomor 1, Kelurahan Bale Kambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (29/3/2021).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, penggeledahan di kedua tempat tersebut berawal dari adanya bom bunuh diri yang terjadi di depan halaman Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) kemarin.

"Oleh sebab itu, pada hari ini, Senin (29/3/2021) sekitar jam 09.38 WIB, Satgas wildensus 88 DKI Jakarta bersama jajaran reserse kriminal umum PMJ, telah melakukan upaya-upaya penangkapan di dua tempat yang saya sebutkan tadi," ujarnya di Polda Metro Jaya, mengutip Ayojakarta.com.

Fadil menjelaskan, keempat terduga teroris yang diamankan berinisial ZA (37), BS (43), AJ (46) dan HH (56). Keempat terduga teroris berjenis kelamin laki-laki dan memiliki peran yang berbeda-beda.

AYO BACA : Antisipasi Ancaman Keamanan, Tempat Ibadah di Kota Cirebon Diperketat

"Pertama, ZA berperan membeli bahan baku dan bahan peledak seperti aseton, Hcl, termometer dan alumunium powder," katanya.

Lalu ZA memberitahukan kepada BS cara pembuatan dan cara mencampurkan cairan-cairan yang telah disiapkan tersebut.

"Yang kedua adalah BS, berperan mengetahui pembuatan handak dan cara membuat handak. Lalu BS menyampaikan kepada saudara AJ terkait dengan takjil, mereka mengistilahkan dengan istilah takjil. Setelah dicampurkan yang akan menghasilkan bom dengan ledakan besar," jelas Fadil.

Terduga teroris lainnya yaitu AJ yang berperan membantu ZA dalam pembuatan bahan peledak.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB
X