Ghosting, Fenomena yang Muncul di Kalangan Muda di Era Digital

- Selasa, 16 Maret 2021 | 15:57 WIB
Kaesang Pangarep dan Felicia Tissue. Beberapa waktu lalu putra bung Presiden Joko Widodo tersebut ramai diperbincangan publik karena diduga melakukan ghosting terhadap Felicia. (Foto Instagram)
Kaesang Pangarep dan Felicia Tissue. Beberapa waktu lalu putra bung Presiden Joko Widodo tersebut ramai diperbincangan publik karena diduga melakukan ghosting terhadap Felicia. (Foto Instagram)

SURABAYA, AYOCIREBON.COM -- Kata-kata Ghosting sedang ramai diperbincangkan khalayak. Terutama para kaum milenial di sejumlah perkotaan. Lalu, bagaimana tanggapan para pakar tentang Ghosting?

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Ilham Nur Alfian mengatakan, fenomena Ghosting merupakan hal wajar dalam relasi. Menurutnya, fenomena seperti ini sudah ada sebelum ramai diperbincangkan di medsos. 

AYO BACA: Cadangan Pangan di Kabupaten Cirebon Diduga Dikorupsi
AYO BACA: Pasokan Kebutuhan Pokok Ramadan dan Lebaran 2021 Dipastikan Aman

Ilham menganggap, perkembangan teknologi informasi yang pesat mempunyai dampak yang besar terhadap sejumlah jenis fenomena dan medsos dalam memperluas makna ghosting, terlebih saat kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Ada situasi memang, ketika orang itu memutus hubungan atau komunikasi karena beberapa sebab," terang Ilham, Selasa (16/3/2021), dilansir Ayocirebon.com dari Ayosurabaya.com.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari ketidaknyamanan dalam berkomunikasi dengan pasangannya, maupun ketidak cocokan persepsi dalam menjalin sebuah hubungan. Ia tak menampik bahwa pandemi Covid-19 mempunyai dampak tersendiri dalam beradaptasi dengan pola komunikasi baru. 

AYO BACA: Benzema tak Masalah Haaland ke Madrid, Zidane Isyaratkan Ronaldo
AYO BACA: 1 Tahun Kartu Prakerja, Ada Lomba Video IG Hadiah Rp 40 Juta, Begini Cara Mengikutinya!

Bahkan, ghosting bisa saja muncul secara tiba-tiba dalam situasi pagebluk. Alasannya, individu tertentu merasa tak ada sesuatu yang bervariasi dalam proses interaksi. Termasuk interaksi yang tidak dilakukan secara langsung atau melalui media sosial.

Sesuai kesimpulan Ilham, para korban ghosting sejatinya akan lebih mudah beradaptasi. Namun, harus diwaspadai dengan kompensasi yang ada. Pasalnya, bila seseorang tersebut pernah menjadi korban, tidak menutup kemungkinan bisa menjadi pelaku pula.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X