Laskar FPI Tewas Ditembak Jadi Tersangka, Pengamat Sebut Penetapan Memaksa

- Kamis, 4 Maret 2021 | 17:55 WIB
Tangkap layar video rekaman suara Rizieq soal penembakan enam laskar FPI. (Suara.com/Youtube Hendri Official)
Tangkap layar video rekaman suara Rizieq soal penembakan enam laskar FPI. (Suara.com/Youtube Hendri Official)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Wakil Ketua Lembaga Pengawasan dan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) Kurniawan Adi Nugroho menilai, keputusan Bareskrim Polri menetapkan enam laskar FPI yang tewas ditembak dalam bentrokan di KM 50 Tol Jakarta-Cikampek sebagai tersangka hanya untuk melempar bola api ke jaksa.

"Semua penegak hukum paham bahwa perkara otomatis akan dihentikan jika tersangkanya meninggal," kata Kurniawan saat dikonfirmasi, Kamis (4/3).

Lebih lanjut, Kurniawan menilai, penyidik tidak ingin surat penghentian penyidikan perkara (SP3) dikeluarkan oleh mereka. Inginnya, penghentian penuntutan dari jaksa. Namun permasalahannya, kata Kurniawan, apakah penetapan tersangka itu sah, jika para tersangka tidak pernah diperiksa sebagai saksi? 

"Dan bagaimana dengan rekomendasi Komnas HAM yang menyatakan ada indikasi unlawfull killing terhadap empat orang anggota FPI yang juga tersangka itu?" tanya Kurniawan.

Kurniawan menaruh curiga, pemaksaan penetapan tersangka itu untuk memberikan jalan keluar agar rekomendasi Komnas HAM tidak dilanjutkan. Yaitu dengan membangun logika polisi menembak dalam rangka menjalankan perintah jabatan.

Sebelumnya, Polri telah menetapkan enam almarhum Laskar FPI sebagai tersangka dalam kasus bentrokan dengan pihak kepolisian. Karena itu dalam waktu dekat, Bareskrim Polri akan melimpahkan berkas perkara tersebut kepada Kejaksaan RI. Nantinya, Jaksa Peneliti ikut menimbang perihal penghentian atau tidaknya kasus tersebut.

"Sudah ditetapkan tersangka, kan itu juga tentu harus diuji makanya kami ada kirim ke Jaksa biar Jaksa teliti," jelas Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian, saat dikonfirmasi awak media, Rabu (3/3) kemarin.

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X