Orang dengan Genggaman Tangan Kuat Konon Bisa Panjang Umur, Masa?

- Rabu, 17 Februari 2021 | 14:25 WIB
ilustrasi genggaman tangan. (Pixabay(
ilustrasi genggaman tangan. (Pixabay(

AYOCIREBON.COM -- Banyak sekali rahasia dalam tubuh dan aktivitas manusia. Hal ini seperti tergambar dalam kekuatan genggaman tangan, yang konon berhubungan dengan potensi harapan umur panjang.

Dalam hal ini, penelitian telah mengaitkan kekuatan genggaman tangan yang rendah terkait dengan peningkatan risiko patah tulang, jatuh, gangguan kognitif, depresi, masalah tidur, diabetes tipe 2, dan kematian dini.

Melansir dari Times of India, sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan di The Lancet menemukan bahwa kekuatan cengkeraman adalah prediktor yang baik untuk kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab lainnya. Hal ini karena kekuatan cengkeraman seseorang adalah penanda yang dapat diandalkan sebagai tanda keseluruhan massa otot yang sangat penting untuk fungsi setiap sistem dalam tubuh.

Berikut tiga olahraga untuk meningkatkan kekuatan genggaman tangan serta hidup lebih sehat dan panjang umur, antara lain:

1. Farmer's carry

Untuk melakukan jenis latihan atau olahraga ini, Anda perlu mengambil posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar pinggul, kemudian letakkan  sepasang dumbbell di lantai di sisi luar kaki Anda. Setelah itu, jongkok dengan punggung tetap lurus dan perut ditarik kencang. Kemudian angkat masing-masing dumbbell di setiap tangan dengan posisi berdiri. 

Angkat beban di kedua sisi tangan sambil berjalan, lakukan hingga tiga kali.

2. Deadlift

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar pinggul dan letakkan sepasang dumbbelll di dekat jari-jari kaki Anda. Kemudian dorong pantat dan pinggul ke belakang lalu angkat beban sambil berdiri dengan telapak tangan menghadap ke depan paha. Coba lakukan 8 hingga 12 kali. 

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Alasan Kucing Menjilati Kamu, Bikin Hati Meleleh

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:23 WIB

Beberapa Hal yang Mungkin Terjadi Tanpa Media Sosial

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB
X