Kemenhub Turun Tinjau Tol Ambles dari Jakarta hingga Cirebon

- Selasa, 9 Februari 2021 | 13:56 WIB
Jalan Tol Cipali yang amblas di KM 122+400 yang masuk wilayah Kabupaten Indramayu.
Jalan Tol Cipali yang amblas di KM 122+400 yang masuk wilayah Kabupaten Indramayu.

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Memasuki puncak musim hujan, belakangan ini banyak kondisi jalan tol yang berlubang. Bahkan Tol Cipali kilometer 122 mengalami ambles. Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini (9/2) melakukan mengecekan kondisi jalan tol dari Jakarta hingga Cirebon. 

“Saya siang ini sudah di jalan mengecek jalan tol dari Jakarta sampai ke Cirebon,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Selasa (9/2/2021).

Dia menjelaskan, jika nantinya terdapat banyak jalan yang rusak maka akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Selain Kementerian PUPR, Budi memastikan juga akan berkoordinasi dengan badan usaha jalan tol (BUJT).

“Kalau banyak yang rusak nanti saya akan bersurat ke BUJT untuk segera melakukan perbaikan,” tutur Budi.

Sebelumnya, sebuah video yang menunjukkan puluhan mobil mengalami rusak hingga pecah ban usai karena melintasi jalan berlubang di Jalan Tol Jakarta-Cikampek kilometer 39 arah Jakarta viral di media sosial. Puluhan mobil itu mengalami pecah ban di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta ruas Cikarang Pusat-Cibatu imbas jalan rusak berlubang.

Dalam video yang beredar, puluhan mobil terlihat terparkir di bahu jalan tol. Mobil-mobil tersebut berhenti karena ban rusak karena menghantam lubang di tengah jalur tol. Tak hanya ban, ada juga mobil yang peleknya rusak.

Lubang-lubang juga bertebaran di Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Di Tol Jagorawi, Minggu (7/2), sejumlah lubang tersebar di sepanjang jalan tol tersebut. Di kilometer 30 sampai kilometer 31 contohnya, beberapa lubang berdiameter sekitar 30 sentimeter sampai 60 sentimeter berceceran.

Selain lubang, rusaknya aspal di beberapa jalur membuat pengendara harus ekstra hati-hati. Beberapa kali mobil yang dikendarai Republika bahkan menghantam lubang jalan di Tol Jagorawi.

Konsentrasi pengendara juga harus ditingkatkan ketika hujan datang. Lubang-lubang di jalan beberapa jalur Jalan Tol Jagorawi menjadi lebih berbahaya karena air yang menggenang di lubang tersebut tidak terlihat oleh pengendara. Contohnya terjadi ketika mobil yang dikendarai Republika menghantam keras lubang berisi genangan air selepas melewati gerbang tol Ciawi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X