Kegusaran Warganet Soal Kuliah Difasilitasi Dosen Unpad Lewat TikTok

- Selasa, 13 Oktober 2020 | 12:00 WIB
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Ira Mirawati, jadikan media sosial TikTok sebagai sarana edukasi. (@buiramira)
Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Ira Mirawati, jadikan media sosial TikTok sebagai sarana edukasi. (@buiramira)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Di tangan dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Ira Mirawati, media sosial TikTok bisa jadi sarana edukasi. Sejumlah konten yang diunggah di akun TikTok miliknya, @buiramira belakangan ini viral dan menjadi perbincangan di jagat maya.

Betapa tidak, alih-alih mengunggah tarian atau video lazim lainnya, Ira menjawab berbagai kegusaran warganet terkait dunia perkuliahan. Mulai dari kesulitan menyusun skripsi, menghadapi dosen yang kerap 'menghilang' saat bimbingan, hingga masalah percintaan.

Hal tersebut mulai dilakoninya sejak sekitar Mei 2020, setelah mendapat saran dari sejumlah mahasiswa. Sejak lama, Ira dan sejumlah dosen serta mahasiswanya telah menginisiasi layanan curhat daring di Sobatmu.com yang berfokus pada kesehatan mental mahasiswa.

Namun, sosialisasi layanannya yang kerap dilakukan dengan cara roadshow ke berbagai sekolah dan kampus harus terhenti akibat pandemi. Alhasil, Ira memutar otak untuk kembali dapat menyebarkan misinya.

"Pas pandemi kan jadi enggak bisa (sosialisasi), padahal masalah akademik makin banyak, kami berpikir bagaimana caranya agar mereka tahu ada tempat curhat yang dapat diakses," ungkapnya pada Ayobandung.com belum lama ini.

TikTok kemudian dipilih menjadi sarana menggaet audiens remaja SMA dan para mahasiswa tingkat awal se-Indonesia. Konten yang dibuat mayoritas membahas masalah perkuliahan yang dikemas dengan ringan.

"Awalnya bikin konten yang menarik dulu, yang lucu-lucu. Dari situ baru ngikutin maunya orang kemana. Tapi di luar dugaan, ternyata skripsi adalah hal yang paling banyak minta dibahas. Masalah ini paling bikin insecure mahasiswa," ungkapnya.

Alhasil, ia mengatakan, dirinya banyak menjawab pertanyaan mahasiswa--bahkan siswa SMA--dalam menghadapi skripsi. Dua video yang paling banyak dilihat dan dikomentari adalah videonya yang membahas nama pacar dalam kata pengantar serta parodi sidang skripsi online.

Masing-masing video berjudul "Menuliskan pacar di Kata Pengantar" dan "Simulasi Sidang Skripsi" tersebut telah diputar hingga 2 juta tayangan, mendapat ratusan ribu likes dan belasan ribu komentar.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X