Kiat-kiat Ampuh untuk Bantu Didik Anak di Rumah

- Rabu, 15 Juli 2020 | 11:19 WIB
ilustrasi belajar di rumah. (Dok. Humas Kota Bandung)
ilustrasi belajar di rumah. (Dok. Humas Kota Bandung)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Sekolah di Indonesia terutama di tingkat taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) masih harus menunggu untuk bisa memulai sistem belajar tatap muka kembali. Orangtua masih harus mengajarkan anak-anaknya di rumah.

Mendidik anak usia TK hingga SD membutuhkan cara dan trik yang berbeda daripada anak usia SMP atau SMA. Berikut kami rangkum beberapa trik yang bisa digunakan orangtua selama menemani anak belajar dari rumah.

Prioritaskan kesejahteraan anak
Pembelajaran bisa berhasil jika anak merasa senang dan aman. Oleh karena itu, orangtua harus memastikan memberikan kasih sayang yang cukup untuk anak.

Membuat rutinitas
Anak-anak membutuhkan struktur, jadi orangtua harus membuat dan konsisten pada rutinitas. Hal ini dapat membantu anak memahami kalau sekarang bukan waktunya liburan dan guru ingin melihat peningkatan dalam diri anak-anak.

Berikan anak sedikit kebebasan
Biarkan anak Anda ikut serta dalam membuat jadwal belajar mereka. Jika anak-anak ingin menaruh jadwal bermain yang banyak di pagi hari, Anda bisa memberi saran dan pilihan pada mereka.

Biarkan anak merasa bosan
Anda bisa membiarkan anak-anak Anda merasa bosan hingga akhirnya memilih belajar untuk menghilangkan kebosanan tersebut.

Batasi penggunaan gadget dan TV
Terlalu banyak menggunakan gadget tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental anak. Hal ini juga dapat mengganggu pola tidur mereka. Anda perlu memberikan pilihan kegiatan lain seperti olahraga, membaca buku, dan belajar keahlian baru.

Tekankan pada pembelajaran soal literasi dan angka-angka
Latih kemampuan anak dalam literasi dan angka. Anda bisa membantu anak mengulang dasar-dasar matematika seperti berhitung. Dorong anak Anda agar terbiasa menulis apa yang mereka lakukan hari itu atau membuat komik.

Buat kegiatan belajar jadi menyenangkan
Anak-anak memang harus patuh pada jadwal yang telah mereka buat. Tapi jangan lupa untuk membuat kegiatan belajar menyenangkan. Melukis, membuat kue, dan keluar rumah bisa dilakukan agar anak tidak jenuh.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X