Menhub Positif Covid-19, Bagaimana Nasib Transportasi Indonesia?

- Selasa, 17 Maret 2020 | 16:09 WIB
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau lokasi Tol Bekasi Barat yang akan menerapkan aturan ganjil-genap, 5 Maret 2018. (Ananda Muhammad/ayobekasi.net)
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau lokasi Tol Bekasi Barat yang akan menerapkan aturan ganjil-genap, 5 Maret 2018. (Ananda Muhammad/ayobekasi.net)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati mengatakan bahwa layanan transportasi publik tetap terjaga di tengah wabah COVID-19, meski sang menteri, Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terpapar virus ini.

“Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa transportasi publik harus tetap berjalan untuk melayani masyarakat, kami telah berkoordinasi dengan seluruh operator transportasi untuk memastikan layanan tetap berjalan serta kebersihannya tetap terjaga,” kata Adita di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Adita menambahkan, Kemenhub bersama seluruh operator transportasi telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana bertransportasi yang sehat untuk mencegah penularan terjadi di transportasi publik, melalui berbagai saluran media, seperti media sosial, media massa maupun secara langsung kepada para penumpang.

“Sekali lagi kami mengimbau masyarakat yang masih menggunakan transportasi publik agar juga tetap menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan, serta menghindari perjalanan dengan transportasi publik bagi yang merasa sakit untuk mencegah penularan,” katanya.

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi selaku Menteri Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan memberikan beberapa arahan kepada Jajaran Kementerian Perhubungan.

Arahan Menhub Ad Interim yaitu, jajaran Kemenhub segera mendata individu di lingkungan Kemenhub yang berpotensi terinfeksi COVID-19 untuk mendapatkan prioritas pemeriksaan kesehatan.

Sterilisasi ruangan kerja di Kemenhub agar segera dimulai selama dua hari kedepan. Untuk sementara tidak ada perjalanan dinas pejabat dan pegawai Kemenhub ke luar negeri.

Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perkeretaapian diminta mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik antara lain dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari.

Hal serupa agar dilaksanakan di daerah-daerah. Diharuskan ada sosialisasi publik/pengumuman di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala (symptom) corona dan imbauan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan, serta himbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X