Mengharap Berkah Air Siraman Panjang

- Senin, 4 November 2019 | 14:27 WIB
Tradisi Siraman Panjang di Keraton Kasepuhan menjadi salah satu rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Cirebon. (Ayocirebon.com/Erika Lia)
Tradisi Siraman Panjang di Keraton Kasepuhan menjadi salah satu rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Cirebon. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

erika

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBOM.COM -- Siraman Panjang menjadi salah satu tradisi menjelang Maulid Nabi Muhammad SAW (Muludan) di Cirebon. Dalam ritual yang berarti mencuci piring maupun benda pusaka lainnya ini, air bekas cucian kerapkali menjadi rebutan warga.

Tiga dari keraton di Cirebon setiap tahun menggelar prosesi siraman panjang menjelang Muludan. Siraman panjang menjadi salah satu rangkaian dalam peringatan ini, yang pada puncaknya nanti dihelatlah tradisi Panjang Jimat serupa pawai peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Di Keraton Kasepuhan Cirebon khususnya, tradisi ini dilaksanakan setiap memasuki bulan Maulud atau Rabiul Awal dalam penanggalan Islam, tepatnya 5 Maulud. Tahun ini, Siraman Panjang jatuh pada Senin (4/11/2019).

AYO BACA: Wakare, Antara Tradisi dan Unjukrasa Kampung Wates

AYO BACA: Lais, Isu Gender, dan Keterlibatan Roh

Dalam tradisi ini, puluhan benda pusaka peninggalan para wali yang menyebarkan agama Islam yang disimpan di keraton, dibersihkan dengan cara dicuci menggunakan air.

Melalui suatu ritual yang disertai doa-doa dan pepakem keraton, puluhan pusaka itu dicuci dengan khidmat di Bangsal Pungkuran Keputren Keraton Kasepuhan.

Setidaknya terdapat sembilan piring berusia sekitar 700 tahun dan 40 piring bertulisan kaligrafi berusia sekitar 600 tahun yang dibersihkan.

Selain piring, dua buah guci berusia sekitar 700 tahun serta dua buah botol kristal berusia sekitar 500 tahun turut dicuci.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB
X