Keren, Eks Galian C di Kota Cirebon Potensial Jadi Objek Wisata

- Kamis, 18 Juli 2019 | 13:12 WIB
Area eks galian C di Cadasngampar, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, yang menyimpan potensi sebagai objek wisata. (Erika Lia/Ayocirebon.com)
Area eks galian C di Cadasngampar, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, yang menyimpan potensi sebagai objek wisata. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM -- Eks galian C di kampung Cadasngampar, Kelurahan Argasunya, Kota Cirebon, menyimpan potensi sebagai objek wisata.

Di kawasan ini, terdapat kolam-kolam air bekas galian. Keberadaan bebatuan besar serta sejumlah tebing setinggi 10-15 meter yang memagari kolam-kolam air itu sempat menghiasi kolom media sosial di Cirebon.

AYO BACA : Di Cirebon, Dari Kapal Pesiar Mereka Menaiki Becak

Kondisi area bekas galian C di Cadasngampar mirip dengan destinasi wisata Taman Hanjuang di Kabupaten Kuningan. Bila ditata sedemikian rupa, kawasan ini bisa mendatangkan pengunjung untuk berwisata.

Lurah Argasunya Dudung Abdul Barry menilai, topografi wilayah Argasunya cocok sebagai destinasi wisata alam. Pihaknya bahkan sempat studi banding ke Tebing Breksi pada 2018 dan melihat kemiripan kondisinya dengan Cadasngampar.

AYO BACA : Taman Batu Hanjuang, Entitas Permintaan Maaf pada Alam

"Potensi pariwisata di wilayah Argasunya sangat memungkinkan," katanya, tidak lama ini.

Sayangnya, potensi itu belum bisa terlaksana karena terhalang kepemilikan lahan galian C tersebut. Dia mengungkapkan, multi kepemilikan lahan tersebut menyebabkan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon kesulitan mengembangkan potensinya.

Tak hanya itu, akses jalan menuju ke sana hingga faktor keamanan pun menjadi faktor hambatan pengembangan Cadasngampar. Bahkan, karena beberapa galian C lain rupanya masih beroperasi, truk-truk bermuatan bebatuan pun kerap hilir mudik di lingkungan sekitar.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB

Adab Membawa Al Quran Digital pada Ponsel ke Kamar Mandi

Jumat, 17 September 2021 | 15:38 WIB

Rekomendasi Game Terbaru 2021 yang Wajib Coba!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:52 WIB

Ini Kelebihan Jaringan 5G, Gamer Wajib Baca!

Kamis, 26 Agustus 2021 | 09:18 WIB

Kiat Merawat Wajah Alami di Rumah, Murah dan Praktis!

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 13:49 WIB
X