7 Adab Bertamu dalam Islam, Salah Satunya Dilarang Ngintip!

- Selasa, 16 November 2021 | 10:51 WIB
Ilustrasi adab bertamu dalam Islam. (Pexels/mentatdgt)
Ilustrasi adab bertamu dalam Islam. (Pexels/mentatdgt)

AYOCIREBON.COM- Bagi umat muslim, hal - hal yang ada di bumi sudah diatur sesuai porsinya, terlebih dalam hubungan antar manusia. Tidak terkecuali porsi yang harus disediakan dalam adab bertamu / berkunjung ke rumah orang lain.

Di dalam adab sendiri terkandung bentuk sikap, perilaku, atau tata cara hidup yang mencerminkan nilai sopan santun, kehalusan, kebaikan, budi pekerti atau akhlak, termasuk saat bertamu.

Bertamu artinya berkunjung ke rumah seseorang / bertemu dengan seseorang. Saat bertamu, praktis tercipta peluang bahwa kunjungan itu dakan menunda pekerjaan sang tuan rumah.

Dalam Islam, hal tersebut sudah diatur agar setiap muslim mengetahui batasan saat bertamu sehingga tuan rumah tidak merasa terganggu dan hubungan ke - 2 pihak tetap baik, bahkan lebih baik.

Berikut adab bertamu dalam islam yang wajib diperhatikan :

1. Mengucapkan salam

"Assalamualaikum", menjadi kata sederhana namun cukup memberi sinyal bahwa kamu sedang mencoba memberi tahu kehadiranmu.

2. Mengetuk pintu 3 kali

Ketika suara belum cukup untuk memberi sinyal kehadiranmu, maka kamu diizinkan untuk mengetuk pintu rumah tuan rumah sebanyak 3 kali. Namun, ketukan tersebut tidak boleh terlalu keras, juga sebaiknya tidak terlalu lembut.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Alasan Kamu Harus Berjalan Kaki dan Tips Memulainya

Selasa, 16 November 2021 | 19:17 WIB

Ini Hukum Menahan Kentut saat Salat

Senin, 8 November 2021 | 13:57 WIB
X