Hari Anak Sedunia, Ketahui 42 Hak Anak dalam Kovensi PBB : Berhak untuk Main dan Bebas dari Eksploitasi lho

- Senin, 1 November 2021 | 16:37 WIB
Anak - anak sedang bermain berebut bola. Bermain merupakan salah satu hak anak yang termuat dalam Konvensi Hak Anak. (Unsplash/Robert Collins)
Anak - anak sedang bermain berebut bola. Bermain merupakan salah satu hak anak yang termuat dalam Konvensi Hak Anak. (Unsplash/Robert Collins)

AYOCIREBON.COM- Anak sejatinya merupakan subjek yang berhak atas hak - hak kehidupannya. Dia bukanlah objek siapapun, termasuk orang tuanya, melalui hak anak yang dilahirkan demi penghidupannya yang layak.

Badan Dunia atau PBB mengakui hak anak yang berlaku bagi anak - anak di seluruh dunia. Secara umum, hak - hak anak berisi perlindungan atas dirinya untuk berkembang dan tumbuh secara baik dan bebas.

Tak sedikit orang yang belum mengetahui, bahkan memahami hak anak, hingga berdampak pada pengabaian
atas kebutuhan - kebutuhan anak untuk berkembang dan hidup baik serta layak. Pada beberapa kasus, pengabaian terhadap hak anak berujung pada situasi yang membahayakan keselamatan hinggga kehidupan anak.

Untuk inilah, setiap anak maupun orang dewasa harus mengetahui hak anak. Dunia sendiri memperingati hari anak setiap tahunnya sebagai kampanye atas hak - hak mereka.

Hari Anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada 1954 dan diperingati setiap 20 November untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak - anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak - anak.

Pada 20 November 1959 Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi Hak Anak, sebelum kemudian mengadopsinya sebagai Konvensi Hak Anak pada 20 November 1989, melansir ayoindonesia.com.

Pada 1989, para pemimpin dunia membuat komitmen bersejarah kepada anak - anak di dunia dengan mengadopsi Konvensi PBB tentang Hak Anak, sebuah perjanjian internasional tentang masa kanak - kanak.

Konvensi ini mengatur hal - hal yang harus dilakukan negara agar setiap anak dapat tumbuh sesehat mungkin, bersekolah, dilindungi, didengar pendapatnya, dan diperlakukan dengan adil.

Berikut isi konvensi Hak Anak Versi Anak :

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Alasan Kamu Harus Berjalan Kaki dan Tips Memulainya

Selasa, 16 November 2021 | 19:17 WIB

Ini Hukum Menahan Kentut saat Salat

Senin, 8 November 2021 | 13:57 WIB
X