Melongok Rental Keluarga, Cara Orang Jepang Atasi Kesendirian

- Kamis, 30 September 2021 | 18:15 WIB
Warga Jepang menghadapi isu sosial berupa kesendirian yang salah satunya memunculkan fenomena rental keluarga sebagai jawabannya. (Pexels/Andrey Grushnikov)
Warga Jepang menghadapi isu sosial berupa kesendirian yang salah satunya memunculkan fenomena rental keluarga sebagai jawabannya. (Pexels/Andrey Grushnikov)

WERU, AYOCIREBON.COM-  Sewa kendaraan atau jasa sewa barang seperti tanaman, gaun pengantin, hingga drone, di Indonesia menjadi hal lumrah yang banyak ditemui. Bagaimana dengan rental keluarga?

Di Jepang, keluarga menjadi hal yang disewakan. Kesendirian sebagai hasil dari support system yang hilang menjadi salah satu alasan utama kemunculan bisnis rental keluarga.

Ide mengenai rental keluarga bisa jadi merupakan hal yang sulit dicerna bagi sebagian besar orang. Namun nyatanya, bisnis ini eksis di Jepang hingga hampir 1 dekade.

Salah satu pencetus rental keluarga "Family Romance" di Jepang, Yuichi Ishi, telah melakoni bisnis rental keluarga selama sekitar 9 tahun terakhir. Pengalaman pribadinya melatari ia menyediakan jasa anggota keluarga untuk warga Jepang yang membutuhkan.

"Ketika saya masih muda, saya punya seorang teman perempuan yang menjadi ibu tunggal dari seorang anak perempuan. Teman saya menghendaki anaknya bersekolah di Taman Kanak - kanak, karena orang tua tidak lengkap sang anak akhirnya tidak bisa bersekolah di mana - mana," beber Yuichi Ishi dalam  tayangan yang disiarkan kanal YouTube Asian Boss dengan judul “Behind Japan Fake - Family Industry”.

Mengamati fenomena itu, dia pun mulai memikirkan cara membantu sang kawan. Akhirnya, terciptalah rental keluarga seperti yang sekarang dijalaninya.

Dalam rental keluarga, seseorang atau penyewa dapat meminta anggota keluarga palsu, entah itu istri, suami, ayah, ibu, adik, atau lainnya. Yuichi menjelaskan, setiap penyewa akan disodori formulir yang salah satunya berisi sosok ideal dari anggota keluarga yang akan disewanya.

Dengan kata lain, pada bisnis ini, mimpi seorang penyewa akan anggota keluarganya berpadu dengan akting para talent atau pemeran pada penyedia jasa rental keluarga. Tak hanya CEO Family Romance, Yuichi sendiri pun adalah salah satu talenta pada bisnis yang digelutinya itu.

Yuichi mengungkapkan, umumnya dia berperan sebagai ayah atau suami. Pada salah satu aktivitasnya sebagai ayah sewaan, Yuichi telah memerankan sosok itu bagi seorang ibu dengan seorang anaknya selama 9 tahun.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alasan Kucing Menjilati Kamu, Bikin Hati Meleleh

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:23 WIB

Beberapa Hal yang Mungkin Terjadi Tanpa Media Sosial

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB
X