Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

- Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB
Ilustrasi seorang ibu menyusui anaknya. (Pexels/William Fortunato)
Ilustrasi seorang ibu menyusui anaknya. (Pexels/William Fortunato)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- Wabah Covid 19 tak mengenal strata hingga kondisi kesehatan seseorang. Pun dengan ibu hamil maupun perempuan yang usai melakukan persalinan.

Di RSLI Surabaya, seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Madura, Jawa Timur berinisial SU yang terpapar Covid 19 melahirkan anaknya.

Syukurlah SU dalam kondisi sehat, begitu juga dengan bayinya. Covid 19 tak sampai menular pada sang bayi setelah hasil tes usap PCR menyatakan sang bayi negatif Covid 19.

Lantas, apakah aman bayi meminum air susu ibu (ASI) yang positif Covid 19?

Dokter umum RSLI Surabaya, dr. Andrew Jonatan, M. Biomed mengatakan, bayi dari ibu yang sedang menderita Covid 19 tetap harus mendapatkan ASI. Meski sang ibu terpapar Covid 19, ASI yang diberikan tetap bisa dikonsumsi bayi.

ASI yang diberikan pada bayi tetap bisa memberikan kekebalan terhadap Covid 19 dari ibu sebab pada pasien Covid 19, terjadi pembentukan antibodi immunoglobulin (Ig).

"Immunoglobulin M, A, dan G (IgM, IgA IgG) terbentuk pada hari ke - 7 dan ke - 14 setelah terinfeksi Covid 19 (bukan setelah timbul gejala). IgA diproduksi lebih awal daripada IgG. Lalu, IgM akan diproduksi pada hari ke - 7 dan mencapai puncaknya setelah hari ke-14," jelas Andrew kepada Ayosurabaya.com (jaringan Ayocirebon.com), Jumat, 24 September 2021.

Sementara, lanjutnya, IgG yang diperkirakan diproduksi pada hari ke - 14 diklaim bisa memberikan imunitas dalam jangka panjang bagi bayi.

Pada ibu hamil, IgG merupakan antibodi yang dapat melewati plasenta bayi dan dapat memberikan imunitas terhadap bayi.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alasan Kucing Menjilati Kamu, Bikin Hati Meleleh

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:23 WIB

Beberapa Hal yang Mungkin Terjadi Tanpa Media Sosial

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB
X