Trik Membuat CV yang Baik untuk Melamar Kerja, Hindari yang Standar

- Selasa, 21 September 2021 | 15:37 WIB
Beberapa trik membuat CV untuk melamar pekerjaan perlu diketahui agar peluang terbuka lebih lebar. (Pexels/Anna Shvets)
Beberapa trik membuat CV untuk melamar pekerjaan perlu diketahui agar peluang terbuka lebih lebar. (Pexels/Anna Shvets)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM- Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup mendeskripsikan secara singkat profil seseorang maupun kualifikasinya. Umumnya, CV menjadi syarat yang wajib dilampirkan seseorang saat melamar kerja di perusahaan yang membuka lowongan kerja.

CV atau resume merupakan jawaban atas permintaan pemilik perusahaan yang membuka lowongan kerja tentang sosok pelamarnya. Ini adalah langkah awal ketika seseorang hendak melamar kerja.

CV biasanya ditujukan kepada HRD (Human Resources Development) atau divisi sumberdaya manusia (SDM) di perusahaan yang membuka lowongan kerja. Melalui CV, HRD akan mengevaluasi dan mengetahui kompetensi seseorang yang melemar kerja.

CV umumnya terdiri dari profil pelamar kerja secara garis besar, seperti pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan lainnya, yang menggambarkan kehidupan seseorang.

Gambaran secara tertulis itu sebagai referensi ketika seseorang telah masuk tahap wawancara. Dengan begitu, apa yang tercantum dalam CV sebaiknya harus sesuai dengan kehidupan sebenarnya.

Meski berisi gambaran hidup seseorang, CV sebaiknya disusun secara baik. Tak hanya mengukur kesesuaian dan kualifikasi yang dimiliki, CV yang baik akan mengesankan dan bisa jadi nilai tambah sehingga membuka peluang seseorang untuk dipertimbangkan oleh pihak perusahaan.

Berikut ini Ayocirebon.com sajikan beberapa trik membuat CV yang baik :

  • Pahami dulu Isi CV

Bagi fresh graduate yang baru terjun ke lingkungan kerja, harus tahu cara membuat CV yang menarik, salah satunya dengan memahami isi dalam CV. Secara umum, CV harus memuat identitas diri, seperti nama lengkap, alamat, email, dan nomor telepon.

Sertakan pula pendidikan terakhir, yang ditambah jurusan dan IPK, personalitas atau gambaran singkat tentang karakater diri, keterampilan yang dimiliki dan proyek atau pengalaman kerja yang pernah dilakukan.

Bisa pula menyertakan pelatihan terbaru yang pernah diikuti dalam kurun waktu 2 - 3 tahun terakhir. Sebaiknya cantumkan informasi lain tentang diri, seperti hobi atau kemampuan lain yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alasan Kucing Menjilati Kamu, Bikin Hati Meleleh

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:23 WIB

Beberapa Hal yang Mungkin Terjadi Tanpa Media Sosial

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:19 WIB

Amankah Bayi Minum ASI dari Ibu Penderita Covid 19?

Jumat, 24 September 2021 | 16:36 WIB

Mimpi Selingkuh? Simak Alasan dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 18 September 2021 | 16:46 WIB
X