Cara Download Riwayat Menonton Video TikTok

- Senin, 26 Juli 2021 | 13:12 WIB
Cara Mengunduh Riwayat Menonton Video di TikTok. (The Verge)
Cara Mengunduh Riwayat Menonton Video di TikTok. (The Verge)

JAKARTA, CIREBON.COM -- TikTok tidak memiliki cara sederhana untuk memeriksa riwayat video mana yang telah ditonton. Terkadang, pengguna mungkin secara tidak sengaja menggulir video yang ditonton atau mendapat panggilan telepon dan tidak dapat menontonnya kembali.

Jika pengguna tidak mengingat nama akun TikTok tersebut, pengguna juga tidak dapat menonton kembali video sebelumnya. Namun, ada beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menyiasati hal itu.

Dilansir Suara.com dari The Verge, Senin, 26 Juli 2021, salah satunya adalah dengan menyukai atau mengklik tombol hati video tersebut atau mengikuti nama akun pengunggahnya. Hal yang harus dilakukan adalah mengklik ikon "Saya" di sudut kanan bawah.

Jika pengguna menyukai video tersebut, ketuk ikon hati di bawah profil untuk melihat tampilan video mini dari semua video yang telah pengguna sukai.

Jika pengguna mengikuti penciptanya, ketuk tautan "Mengikuti" atau Following tepat di bawah nama pengguna untuk melihat semua daftar nama akun pencipta yang telah diikuti.

Setelahnya, klik akun pencipta untuk melihat video yang telah diunggahnya.

Namun, jika pengguna belum menyukai video tersebut atau tidak mengikuti pembuatnya, maka cara terbaik untuk menemukan riwayat tontonan adalah dengan mengunduhnya.

Untuk melakukan pengunduhan:

  1. buka halaman profil pengguna dengan mengklik ikon "Saya" di kanan bawah > klik tiga garis di sudut kanan atas.
  2. Pilih Privasi > Personalisasi dan data > Unduh data.
  3. Di bawah tab Permintaan data, pilih apakah pengguna ingin mengunduh data tersebut sebagai file TXT atau file JSON dan klik opsi Memproses permintaan (Processing request).
  4. Langkah selanjutnya, pengguna harus menunggu. Mengingat ini bukan proses yang cepat, proses tersebut mungkin memakan waktu setidaknya 24 jam atau bahkan lebih.
  5. Sampai saat itu, jika pengguna membuka tab Unduh data, pengguna akan melihat tombol Tertunda warna abu-abu.
  6. Jika unduhan telah selesai, pengguna akan melihat tombol Unduh berwarna merah.

Pengguna akan dibawa ke versi web TikTok, di mana pengguna dapat mengunduh file data dalam bentuk zip. File data tersebut akan berisi file teks untuk Favorite Effects, Favorites Sounds, dan bahkan penjelajahan video.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

X