Gini Loh Cara Menukar Uang Rusak di Bank

- Rabu, 28 April 2021 | 15:35 WIB
ilustrasi menukarkan uang rupiah. (Ayobandung.com)
ilustrasi menukarkan uang rupiah. (Ayobandung.com)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Anda bisa menukar uang rusak ke Bank Indonesia. Namun ada sejumlah syarat dan cara menukar uang rusak di Bank Indonesia yang perlu dilakukan.

Cara Menukar Uang Rusak

Untuk menukarkan uang rusak, Anda hanya perlu membawa uang rupiah rusak yang masih memenuhi syarat layak edar ke kantor Bank Indonesia sesuai dengan jadwal. Di kantor, Anda bisa langsung ambil nomor antrean. Kemudian menunggu sampai nomor antrean dipanggil petugas.

Kemudian, petugas di loket akan memeriksa kondisi uang Anda, bila masih sesuai dengan kelayakan edar, pihak petugas akan memberikan gantinya. Sebelum itu, petugas akan menghitung dulu jumlah uang yang bisa ditukarkan.

Pembatasan Penukaran Uang Rusak

Uang yang ditukarkan tidak dibatasi jumlahnya, baik itu pecahan terkecil logam maupun uang kertas akan dilayani, namun ada pembatasan berupa keasliannya. Uang yang terbukti tidak asli tidak dapat ditukarkan. Hanya uang yang masih resmi beredar tapi dalam kondisi rusak yang akan memperoleh hak tukar.

 AYO BACA: Habib Rizieq Doakan Munarman yang Tengah Berkasus AYO BACA: Supermoon Cantik Lebih Dekat Bumi Mei Nanti, Catat Tanggalnya

Terpenting lagi, uang kertas ini masih satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap. Kemudian untuk uang logam, kondisi fisiknya 1/2 dari ukuran asli dari ciri uang rupiah dan masih dapat dikenali keasliannya.

Bank Indonesia akan memberikan uang ganti sebesar nilai nominal uang rupiah yang ditukarkan.

Panduan Penukaran Uang Tidak Layah Edar

Bank Indonesia menetapkan uang tidak layak edar meliputi uang lusuh, uang cacat, uang rusak, dan uang yang telah dicabut atau ditarik peredarannya. Berikut penjelasan terperincinya.

a. Uang Lusuh atau Uang Cacat

Bank Indonesia memberikan penggantian sebesar nominal kepada masyarakat yang menukarkan uang lusuh atau uang cacat sepanjang dapat dikenali keasliannya.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

X