6 Tips Bijak Berbelanja di Hari Konsumen Nasional

- Selasa, 20 April 2021 | 14:40 WIB
Ilustrasi Hari Konsumen Nasional atau Harkonas. (Pixabay/Mediamodifier)
Ilustrasi Hari Konsumen Nasional atau Harkonas. (Pixabay/Mediamodifier)

BANDUNG, AYOCIREBON.COM -- Hari Konsumen Nasional atau Harkonas diperingati setiap tanggal 20 April. Momen ini diperingati bukan sekedar untuk menyuguhkan promo belanja, tapi agar para konsumen juga semakin paham terhadap hak dan kewajibannya.

Konsumen diharapkan semakin cerdas dan bijak ketika akan melalukan transaksi. Ini pula yang mendorong para pelaku usaha supaya lebih menjaga etika dalam menjalankan usahanya, serta bisa meningkatkan kualitas produk dan layanannya.

Ketua Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI) Jabar, Banten, Jakarta, Firman Turmantara menuturkan, setidaknya ada enam tips bijak untuk konsumen agar menjadi konsumen cerdas ketika akan transaksi.

"Belanja sesuai kebutuhan dan kemampuan (tidak konsumtif)," ujarnya dihubungi Ayobandung.com, Selasa, 20 April 2020.

AYO BACA : Pengeboran Air Tanah Sebabkan Api Abadi Mrapen Mati

Tips kedua, kata Firman, adalah periksa terkait kondisi barang dan/atau jasa yang akan digunakan, apakah barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan kententuan aturan di Pasal 8 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (PK).

Ia melanjutkan, konsumen diharapkan berpikir kritis terhadap produk barang dan/atau jasa yang akan digunakan.

Bila ada keluhan atas ketidaknyamanan, keamanan, dan keselamatan saat mengonsumsi barang dan/atau jasa, maka konsumen bisa mengadukan ke pihak terkait sesuai dengan Pasal 4 UU PK .

Bahkan, Pasal 4 UU PK menjamin konsumen mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

X