Dukung Pemenuhan Komoditas Sapi Potong di Jabar, bank bjb Gelar Business Matching dengan Petani Milenial

- Sabtu, 30 Oktober 2021 | 13:25 WIB
bank bjb mendukung pemenuhan sapi potong di Jabar. (Dok. bank bjb)
bank bjb mendukung pemenuhan sapi potong di Jabar. (Dok. bank bjb)

SUMEDANG, AYOCIREBON.COM- Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Jafar Ismail menyampaikan, Jabar saat ini harus mampu menjawab tantangan bidang peternakan sapi potong.

Hal itu dia sampaikan karena dengan jumlah penduduk Jabar lebih dari 50 juta jiwa dan konsumsi sapi potong 205.000 ton / tahun, ternyata hanya 25.000 ton saja yang mampu dipasok peternak Jabar. Sisanya dipenuhi dari daerah lain.

Hal itu mengemuka dalam kegiatan Business Matching Petani Milenial Komoditas Sapi Potong yang digelar di Sumedang, Rabu, 27 Oktober 2021.

Ismail menambahkan, untuk itu perlu adanya suatu kolaborasi antar stakeholder yang terlibat dalam usaha peternakan untuk membuat Jabar swasembada.

Dia menjelaskan, kegiatan Business Matching ini dapat dijadikan salah satu bentuk usahanya karena dapat meningkatkan inklusi keuangan dan akses pembiayaan bagi para pelaku usaha peternakan.

Hal ini diharapkan dapat menjadi usaha dalam peningkatan produktivitas guna mencapai swasembada.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengapresiasi kegiatan Business Matching karena dengan kolaborasi pengusaha pelaku usaha jasa keuangan dan pemerintah seyogyanya mampu menjadi solusi perekonomian di masa pandemi saat ini.

Dia menyampaikan, Kabupaten Sumedang berpotensi dikembangkan, khususnya di bidang peternakan.

Direktur UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari dalam sambutannya menyampaikan, ekonomi di masa pandemi mengalami kontraksi dan cenderung mengalami penurunan.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kata Pemenang Gebyar Hadiah Sobek Label Yamalube

Senin, 15 November 2021 | 11:08 WIB

Triwulan III 2021, NPL bank bjb Alami Penurunan

Senin, 8 November 2021 | 16:25 WIB
X