XL Axiata Perkuat Jaringan 4G di Kawasan Timur Indonesia

- Rabu, 22 September 2021 | 10:47 WIB
BTS USO 4G didirikan XL Axiata di kawasan timur Indonesia, mulai Kepulauan Maluku hingga Papua dan Papua Barat. (Dok. XL Axiata)
BTS USO 4G didirikan XL Axiata di kawasan timur Indonesia, mulai Kepulauan Maluku hingga Papua dan Papua Barat. (Dok. XL Axiata)

SUMBER, AYOCIREBON.COM- Sebanyak 24 kabupaten di Kepulauan Maluku maupun Papua dan Papua Barat">Papua Barat menjadi sasaran pengoperasian BTS Universal Service Obligation (USO) 4G oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata).

Pengoperasian BTS USO ini sebagai upaya penguatan jaringan 4G di kawasan timur Indonesia oleh XL Axiata. Sebagian besar lokasi BTS USO 4G sendiri berada di area yang jauh dari pusat pemerintahan dan cenderung bermedan sulit.

Ke - 24 kabupaten yang menjadi sasaran penguatan jaringan 4G oleh XL Axiata meliputi 14 kabupaten di Kepulauan Maluku, mulai Halmahera di utara, Maluku Tengah, hingga Kepulauan Aru di selatan. Sementara 10 kabupaten sisanya berada di Papua dan Papua Barat">Papua Barat

Pembangunan infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah timur Indonesia, termasuk pembangunan dengan mengoptimalkan skema USO, dilakukan XL Axiata melalui kerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di sedikitnya 181 titik di Kepulauan Maluku serta Papua.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyebutkan, pengoperasian BTS USO dimulai sejak Desember 2019 dan terus bertambah sepanjang 2020.

Menurutnya, pengoperasian BTS USO bagian dari implementasi pihaknya memasuki usia 25 tahun dalam upaya membangun Indonesia Digital.

"Memanfaatkan program USO, kami berupaya turut menyediakan jaringan 4G di kawasan timur Indonesia, dengan harapan dapat mendorong produktivitas ekonomi dan memfasilitasi kebutuhan sosial warga hingga serta membuka keterisolasian mereka dari dunia luar," papar Gede.

Dia menyebutkan, 83 titik BTS USO 4G yang telah dioperasikan di Maluku Utara saat ini tersebar di Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Halmahera Barat, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Sementara, di Provinsi Maluku terdapat total 39 BTS USO yang berlokasi di Kabupaten Buru, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Kepulauan Aru, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

bank bjb Sabet 3 Penghargaan TOP GRC Awards 2021

Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Mengenal Pentingnya Oli Gear pada Sepeda Motor Skutik

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:59 WIB
X