bjb Solo Local Festival Dorong Generasi Muda Majukan Wirausaha

- Selasa, 21 September 2021 | 17:44 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming (ke - 3 dari kiri) saat bjb Solo Local Festival yang mengapresiasi insan wirausaha Indonesia. (Dok. bank bjb)
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming (ke - 3 dari kiri) saat bjb Solo Local Festival yang mengapresiasi insan wirausaha Indonesia. (Dok. bank bjb)

SOLO, AYOCIREBON.COM- Wujud nyata apresiasi terhadap insan wirusaha Indonesia, bank bjb menggelar
bjb Solo Local Festival di Kota Solo, Selasa 21 September 2021. Rangkaian acara ini bertujuan menjaring dan membina para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) wilayah Solo dan sekitarnya agar dapat memajukan usaha hingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Dalam acara ini, ditandatangani pula nota kesepahaman (MoU) antara Pemkot Surakarta dan bank bjb tentang pemanfaatan produk, jasa, dan layanan perbankan oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming dan Direktur Komersial & UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari.

Dilanjutkan penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) bank bjb berupa 10.000 paket Covid 19 Kit untuk pelajar di Kota Surakarta oleh Direktur Komersial & UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari yang diterima Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming.

Bentuk nyata dukungan terhadap UMKM lainnya berupa pemberian Kredit Usaha Rakyat / KUR (Super Mikro, Mikro & Kecil) dengan total realisasi Rp555 juta, yang terdiri dari KUR Super Mikro yang diserahkan Direktur Komersial & UMKM bank bjb, Nancy Adistyasari kepada Debitur UMKM bank bjb, Faturohman Kusumasmoro, seorang pengusaha batik di Serengan Solo.

Untuk penyerahan KUR Mikro oleh Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi kepada Debitur UMKM bank bjb, Triyono, seorang peternak kambing (pola kemitraan dengan PT. Agro Investama). Sementara, KUR Kecil diserahkan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming kepada Esti Mulyanti, seorang pedagang ikan asin di Pasar Legi, Solo.

Tak hanya itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo berkesempatan menyerahkan QRIS kepada Debitur UMKM bank bjb, Anizzar dari komunitas Crafter Solo Raya. Acara turut dihadiri Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Solo, Eko Yunianto.

Turut digelar talkshow bertema "Ide Peluang Usaha Kreatif dan Inovatif bagi Generasi Muda" yang mengulas kewirausahaan di kalangan pemuda, hambatan yang muncul, dan upaya yang dapat dilakukan guna menumbuhkan bisnis dengan inovasi digital.

Pembicara yang hadir antara lain Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb, Denny Mulyadi, serta sejumlah pelaku usaha dan industri kreatif, masing - masing Widia Rosena, Erix Soekamti, dan Faradhila Ayu.

Ada pula penyerahan penghargaan bagi 9 UMKM terpilih melalui gelaran bjb Solo Local Festival yang diikuti para pelaku UMKM berusia 17 - 45 tahun di bidang kuliner, fesyen, dan kriya. Dari seluruh pendaftar, telah dipilih 9 UMKM pemenang dari 3 kategori tersebut.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

bank bjb Sabet 3 Penghargaan TOP GRC Awards 2021

Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Mengenal Pentingnya Oli Gear pada Sepeda Motor Skutik

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:59 WIB
X