Kiat Bisnis Ikan Koi, Bisa Kantongi Cuan Ratusan Juta Tiap Bulan

- Senin, 20 September 2021 | 11:56 WIB
Budidaya ikan koi atau ikan karper memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. (Pexels/Quang Nguyen Vinh)
Budidaya ikan koi atau ikan karper memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. (Pexels/Quang Nguyen Vinh)


BANDUNG, AYOCIREBON.COM- Peluang bisnis ikan koi (ikan karper) terbilang menjanjikan hingga bisa menghasilkan cuan hingga ratusan juta rupiah dalam sebulan. Sebelum mencapai itu, ketelitian memelihara ikan menjadi kunci.

Salah seorang pengusaha ikan koi asal Cangkuang, Kabupaten Bandung, Deny Faurtjahjanto, menjadi salah satu contoh kesuksesan bisnis ikan koi atau karper ini dengan omzet mencapai sekitar Rp100 juta. Bisnis ikan koi sendiri terbuka untuk semua orang.

"Semua orang bisa melakukan bisnis ikan koi ini, tinggal kemauan dan belajar," katanya kepada Ayobandung.com (jaringan Ayocirebon.com).

Deny pun membeberkan sejumlah kiat bisnis ikan koi. Tahap awal memelihara menjadi tantangan terberat dari keseluruhan proses sebab harus memahami karakter ikan koi agar menghasilkan produk berkualitas.

"Untuk mendapat ikan berkualitas, beri pakan yang baik dan cukup," ujarnya membuka kiat pertama.

Di luar memberi pakan yang baik, dia mengusulkan pula peminat bisnis ikan koi untuk bergabung dengan komunitas penggemar ikan koi untuk mencari pengalaman dan ilmu.

"Biasanya, dalam komunitas suka ada sharing," cetusnya.

Dalam membudidayakan ikan asal Jepang ini, peminat bisnis ikan koi juga diingatkan telaten saat pemijahan (pelepasan telur dan sperma untuk pembuahan) atau membesarkan ikan. Ketelatenan diperlukan sebab ikan koi tergolong ikan yang sensitif.

Deny memaparkan, habitat ikan koi di Jepang memiliki karakter tertentu. Karakter tersebut harus juga diadaptasi di Indonesia yang beriklim tropis.

Karakter air tiap tempat, lanjutnya, akan berbeda sehingga membutuhkan penanganan berbeda. Dia menyontohkan, air di rumah dengan air di penangkaran akan berbeda,
baik PH, kadar oksigen, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

bank bjb Sabet 3 Penghargaan TOP GRC Awards 2021

Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Mengenal Pentingnya Oli Gear pada Sepeda Motor Skutik

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:59 WIB
X