Kuningan Rintis Pembangunan Desa Digital dan Smart Village

- Senin, 26 Juli 2021 | 11:11 WIB
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kuningan Wahyu Hidayah. (dok. Pemkab Kuningan)
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kuningan Wahyu Hidayah. (dok. Pemkab Kuningan)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Kabupaten Kuningan siap merintis desa digital dan menjadi smart city. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kuningan Wahyu Hidayah mengatakan, untuk mewujudkan Kuningan smart city, hal yang sudah dilakukan di antaranya pembangunan Command Centre, pemasangan CCTV publik, serta wifi publik (internet gratis) yang dipasang di ruang publik, taman, rumah sakit, terminal, dan tempat umum lainnya.

“Smart city tingkat Kabupaten mustahil terwujud jika wilayah administrasi terkecil berupa Desa/Kelurahan tidak memiliki konsep smart village. Untuk itu, dirintis pembangunan Desa Digital dan Smart Village di Kabupaten Kuningan. Saat ini terdapat 8 desa digital dan 20 desa smart village,” katanya dalam keterangan resmi.

Pemaparan tersebut disampaikan Wahyu dalam Webinar bertajuk Smart City "Konsep dan Strategi Kepala Daerah di Indonesia", Sabtu, 24 Juli 2021.

Tujuan terbangunnya smart city, kata dia, adalah memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, lebih cepat, transparan dan terukur sehingga diperlukan aplikasi berupa sistem informasi untuk mendukung proses pelayanan yang lebih baik tersebut.

AYO BACA : Ulama se-Kecamatan Ciwaru Inisiasi Pelatihan Pemulasaraan Jenazah Covid-19

Untuk itu dia mengatakan, beberapa aplikasi amanat dari Pemerintah Pusat telah diimplementasikan di Kabupaten Kuningan mulai dari penyusunan perencanaan penganggaran, e-monev, e-report, SP4N LAPOR, dan percepatan transaksi elektronik, maupun aplikasi pelayanan dan perizinan.

“Namun terdapat pula aplikasi sistem informasi lokal di Kabupaten Kuningan di antaranya SAGAKU (Sagala Kuningan), merupakan aplikasi berupa informasi terkait semua bidang. SIBADU M’RAKYAT (Aplikasi Bank Data Pelaku Usaha Kerakyatan), SIPANDUK (Pelayanan Administrasi Kependudukan), PADUKA (Pelayanan Adminduk Usia Perkawinan) PANUTAN (Pelayanan Adminduk) setelah melahirkan, PULPEN PNS Paket untuk pelayanan pensiunan PNS,” jelasnya.

Selain itu, terang Wahyu, Kabupaten Kuningan memiliki potensi berupa pariwisata, agropolitan, pengembangan UMKM dan sangat konsen dengan konservasi sehingga dalam menentukan visi smart city ke depan mengacu pula kepada kearifan lokal dan potensi daerah.

Banyak program terkait pelestarian sumber daya alam, antara lain, Program Pengantin Peduli Lingkungan, yakni pasangan pengantin harus menanam pohon sebanyak 5 -10 pohon.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Catat Lokasi Samsat Keliling Cirebon, 24 September 2021

Jumat, 24 September 2021 | 04:25 WIB

Rencana Pemadaman Listrik Indramayu, 23 September 2021

Kamis, 23 September 2021 | 04:15 WIB

Jadwal Pemadaman Listrik Kuningan, 23 September 2021

Kamis, 23 September 2021 | 04:00 WIB

Info Padam Listrik Cirebon, 23 September 2021

Rabu, 22 September 2021 | 21:54 WIB

Ini Lokasi Samsat Keliling Majalengka Hari Ini

Rabu, 22 September 2021 | 04:40 WIB

Desa ini jadi Lokasi Ngetem SIM Keliling Majalengka

Rabu, 22 September 2021 | 04:35 WIB

Ciayumajakuning Berpeluang Hujan Hari Ini

Selasa, 21 September 2021 | 09:23 WIB
X