Panen Raya Padi di Kuningan, Bupati Acep Janjikan Petani dengan Sejumlah Fasilitas

- Kamis, 3 Juni 2021 | 20:17 WIB
Panen raya padi di  Desa Dukuh Picun, Kecamatan Lauragung, Kabupaten Kuningan, melaksanakan panen raya, Kamis, 3 Juni 2021. (dok. Pemkab Kuningan)
Panen raya padi di Desa Dukuh Picun, Kecamatan Lauragung, Kabupaten Kuningan, melaksanakan panen raya, Kamis, 3 Juni 2021. (dok. Pemkab Kuningan)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Para petani di Desa Dukuh Picun, Kecamatan Lauragung, Kabupaten Kuningan, melaksanakan panen raya, Kamis, 3 Juni 2021. Kegiatan panen raya tersebut dihadiri langsung Bupati Kuningan Acep Purnama.

Kepala Desa Dukuh Picung Irianto merasa bersyukur di desanya terhampar lahan persawahan sampai seluas 73 hektare. Berkat itu, panen raya bakal mendapatkan hasil yang melimpah.

Namun, dia berharap produktivitas hasil panen bisa jauh lebih meningkat. Dia memproyeksikan itu dalam tiga tahun ke depan. Dia menyebut, proyeksi itu dapat diwujudkan dengan dorongan sejumlah faktor, misalnya saluran irigasi yang lantas, juga fasilitas pompa air besar yang mampu menarik air ke area persawahan, juga traktor.

Menimpali ini, Acep Purnama mengatakan, pihaknya siap merealisasikan kebutuhan para petani. Selain menyediakan pompa air dan traktor, Acep berjanji akan melakukan pembangunan jalan usata tani (JUT). 

Acep percaya, dengan fasilitas yang memadai, maka hasil paneh bisa jauh lebih meningkat. Namun, agar semua bisa optimal, dia memandang dibutuhkan kerjasama dengan penyuluh untuk menengarai pola penanaman, pembibitan, pemupukan, hingga pemeliharaaan.

Di samping itu, Acep mengatakan, dengan luas lahan persawahan milik desa ini, petani bisa menanami tumbuhan lain, baik itu sayur-sayuran dan buah-buahan. Dia juga berharap, hasil pertanian Desa Dukuh Picuh bisa mendukung program swasembada pangan yang digalakkan pemerintah.

"Dengan luas lahan persawahan yang dimiliki Desa Dukuh Picung ini ada sebagian yang dapat ditanami sayur-sayuran dan buah-buahan. Dan bisa dipertahankan agar lahan pertanian ini jangan sampai beralih fungsi," kata dia dalam siaran pers.

Sementara Kepala Bidang Bina Desa Dinas DPMD Provinsi Jabar Asep Nandang Rasadi mengatakan, ketersediaan pangan sangat dibutuhkan. Ia pun berpesan, para petani seharusnya sudah mulai memanfaatkan teknologi guna meningkatkan produktivitas.

"Menjadi petani juga harus bisa menjadi pilihan di masa sekarang, terlebih lagi sektor pertanian menyumbangkan peningkatan produk domestik bruto," ujar dia.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

57 Unit Kendaraan Dinas di Indramayu Hilang

Jumat, 24 September 2021 | 07:50 WIB

Ayo Perpanjang SIM di SIM Keliling Majalengka

Jumat, 24 September 2021 | 05:00 WIB

Jadwal Samsat Keliling Indramayu Hari Ini

Jumat, 24 September 2021 | 04:40 WIB

Catat Lokasi Samsat Keliling Cirebon, 24 September 2021

Jumat, 24 September 2021 | 04:25 WIB

Rencana Pemadaman Listrik Indramayu, 23 September 2021

Kamis, 23 September 2021 | 04:15 WIB

Jadwal Pemadaman Listrik Kuningan, 23 September 2021

Kamis, 23 September 2021 | 04:00 WIB

Info Padam Listrik Cirebon, 23 September 2021

Rabu, 22 September 2021 | 21:54 WIB
X