Ada Internet Gratis, Pelajar SD Senang Belajar di Kantor Kwarcab Indramayu

- Senin, 3 Agustus 2020 | 06:09 WIB
Ilustrasi anak belajar melalui ponsel. (ayobandung/Irfan Al Faritsi)
Ilustrasi anak belajar melalui ponsel. (ayobandung/Irfan Al Faritsi)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Kebijakan pembelajaran daring bagi para siswa di tengah pandemi Covid-19, menimbulkan persoalan terkait jaringan internet. Pasalnya, tidak semua orang tua dan anak memiliki kemampuan untuk membeli kuota internet.

Namun, sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) di Kabupaten Indramayu memiliki cara sendiri agar tetap bisa belajar dan mengerjakan tugas sekolah meski tak memiliki kuota internet. Mereka memanfaatkan jaringan internet untuk publik (wifi) gratis yang telah di sediakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu.

Fasilitas tersebut di antaranya terpasang di Kantor Kwarcab Indramayu. Setiap hari, tempat itu selalu ramai dikunjungi oleh para pelajar untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang diberikan oleh gurunya.

Salah satunya adalah Ahmad (9), pelajar kelas 3 SDN Karanganyar Kecamatan Indramayu. Dia bersama teman-temannya kerap mendatangi Kantor Kwarcab Indramayu untuk memanfaatkan wifi gratis yang difasilitasi oleh Diskominfo. "Senang mengerjakan tugas sekolah di sini, tidak pakai pulsa HP. Gratis," tutur Ahmad, saat ditemui akhir pekan kemarin.

Sementara itu, salah seorang pengurus Kwarcab Indramayu, Yayan Mulyantoro, mengatakan, awalnya anak-anak itu mengakses internet gratis dari luar Kantor Kwarcab Indramayu, atau di pinggir tembok kantor dekat jalan. Pasalnya, internet yang terpasang di Kwarcab memang bisa dijangkau dari luar kantor.

Melihat anak-anak itu antusias belajar, akhirnya Yayan berinisiatif mengajak mereka untuk mengerjakan tugas di dalam Kantor Kwarcab.

"Kita persilakan mereka masuk supaya bisa belajar lebih tenang. Kebanyakan anak-anak itu berasal dari wilayah Kelurahan Karanganyar, Lemahabang, dan Lemahmekar," tukas Yayan.

Yayan menjelaskan, di Kantor Kwarcab Indramayu dan di belakang GOR Dharma Ayu atau sekitar Kantor Kelurahan Karanganyar, telah tersedia jaringan internet gratis sejak beberapa tahun lalu. Fasilitas tersebut disediakan oleh Diskominfo Indramayu.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana, mengatakan, pihaknya sejak beberapa tahun lalu memang telah menyediakan wifi gratis di kantor pemerintahan dan di area publik lainnya. Untuk kantor pemerintahan, sudah tersedia di 31 kecamatan. Fasilitas tersebut bisa diakses secara gratis oleh masyarakat di lingkungan kantor tersebut.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

57 Unit Kendaraan Dinas di Indramayu Hilang

Jumat, 24 September 2021 | 07:50 WIB

Ayo Perpanjang SIM di SIM Keliling Majalengka

Jumat, 24 September 2021 | 05:00 WIB

Jadwal Samsat Keliling Indramayu Hari Ini

Jumat, 24 September 2021 | 04:40 WIB

Catat Lokasi Samsat Keliling Cirebon, 24 September 2021

Jumat, 24 September 2021 | 04:25 WIB

Rencana Pemadaman Listrik Indramayu, 23 September 2021

Kamis, 23 September 2021 | 04:15 WIB

Jadwal Pemadaman Listrik Kuningan, 23 September 2021

Kamis, 23 September 2021 | 04:00 WIB

Info Padam Listrik Cirebon, 23 September 2021

Rabu, 22 September 2021 | 21:54 WIB
X