Sampah dan Pencemaran Penyebab Stunting, Pemkab Indramayu Upayakan Pencegahan

- Senin, 25 Februari 2019 | 16:50 WIB
Bupati Indramayu Supendi (tengah) menandatangai komitmen bersama cegah stunting di Kabupaten Indramayu yang dilakukan berbagai pihak sebagai tanda pencegahan dan penanganan stunting dilakukan bersama-sama, Senin (25/2/2019). (Istimewa)
Bupati Indramayu Supendi (tengah) menandatangai komitmen bersama cegah stunting di Kabupaten Indramayu yang dilakukan berbagai pihak sebagai tanda pencegahan dan penanganan stunting dilakukan bersama-sama, Senin (25/2/2019). (Istimewa)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COMSampah dan pencemaran menjadi salah satu penyebab stunting. Pemerintah Kabupaten Indramayu pun mencemaskan peningkatan kasus tersebut.

Bupati Indramayu Supendi menyebut, saat ini kasus stunting di Kabupaten Indramayu berada di posisi tengah. Tanpa merinci posisi dimaksud, dia mengingatkan, pencegahan penanganan stunting harus dilaksanakan serius dan optimal.

“Bila dibiarkan, dikhawatirkan semakin bertambah dan posisi Indramayu bisa saja berada di atas,” cetusnya, Senin (25/2/2019).

Dia mengungkapkan, hasil pertemuan dengan berbagai kementerian diketahui salah satu penyebab stunting bersumber dari sampah dan pencemaran. Dengan begitu, pencegahan stunting harus pula melalui kampanye kebersihan dan pelestarian lingkungan sekitar.

Hal terpenting, lanjutnya, pencegahan stunting harus dilakukan masif dan terukur serta melibatkan semua pihak. Penanganannya pun tak main-main mengingat stunting memengaruhi eksistensi generasi di masa depan.

“Keseriusan pencegahan stunting harus melibatkan semua pihak, terutama pada aparatur sipil negara (ASN) yang diberi amanah menjalankan tugas dalam mencegah stunting,” tegasnya.

Pihaknya dalam hal ini mengevaluasi setiap waktu. Progres intervensi program, lanjutnya, harus terlihat jelas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara mengungkapkan, untuk mencegah stunting pihaknya kini telah melakukan intervensi di beberapa desa dan kecamatan. Desa-desa itu masing-masing Karangmulya, Wirapanjunan, Ilir, dan Eretan Wetan di Kecamatan Kandanghaur; Desa Karangkerta dan Mekarsari di Kecamatan Tukdana; Desa Cilandak di Kecamatan Anjatan; Desa Mekarjaya di Kecamatan Gantar; Desa Jayamulya di Kecamatan Kroya; serta Desa Karanganyar di Kecamatan Pasekan.

“Kegiatan tersebut dimasukkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Indramayu,” tutur Deden.

Halaman:

Editor: M Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Agenda Padam Listrik Cirebon, 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:17 WIB

Info Padam Listrik Cirebon, 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:07 WIB

Jadwal Pemadaman Listrik Kuningan, 16 Oktober 2021

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:01 WIB

Papan Reklame di Tol Kertajati Raib Diduga Dicuri

Jumat, 15 Oktober 2021 | 16:02 WIB

Rencana Pemadaman Listrik Indramayu, 15 Oktober 2021

Jumat, 15 Oktober 2021 | 07:04 WIB

Ini Jadwal SIM Keliling Majalengka, 15 Oktober 2021

Jumat, 15 Oktober 2021 | 06:48 WIB
X