Yuk, Berburu Durian di Sinapeul

- Rabu, 30 Januari 2019 | 14:32 WIB
Seorang pedagang di Sanggar Asli Durian Sinapeul milik Hasan (68) di Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, tengah mengikat durian yang akan dibawa pulang pengunjung. (Erika Lia/ayocirebon).
Seorang pedagang di Sanggar Asli Durian Sinapeul milik Hasan (68) di Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, tengah mengikat durian yang akan dibawa pulang pengunjung. (Erika Lia/ayocirebon).

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM--Durian Sinapeul menjadi salah satu buah yang sebaiknya tak Anda lewatkan bila melancong ke Kabupaten Majalengka.

Diambil dari nama sebuah dusun di Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, durian sinapeul menjadi destinasi paling diburu para wisatawan. Di dusun ini, nyaris seluruh penduduknya menjual durian.

Sebagian warga memanfaatkan tepian jalan untuk membuka lapak dan menjual durian. Lainnya menyediakan ruang-ruang rumah mereka sebagai tempat menyantap buah berduri ini.

Fisik Durian Sinapeul tidaklah besar dengan rata-rata berat buah terbesar hanya 2-3 kilogram. Hanya, dari segi rasa, durian Sinapeul mengundang rasa ketagihan.

"Berbeda dengan durian lain, durian Sinapeul legit, pulen, manis, tapi ada sedikit asam dan pahit. Dagingnya tebal dan bijinya kecil," kata Hasan (68) menggambarkan rasa durian Sinapeul.

Hasan merupakan salah satu warga Dusun Sinapeul yang membuka Sanggar Durian Asli Sinapeul di rumah salah satu anaknya. Selama lebih dari sepuluh tahun, dia berjualan durian yang diambil dari kebunnya seluas 2,5 hektare.

Setiap pengunjung bebas datang untuk menikmati durian dengan duduk di atas tikar-tikar yang disediakan di ruang terpisah. Rata-rata penikmat durian yang datang adalah keluarga yang sedang berlibur.

"Ada juga yang kantoran, datang ramai-ramai untuk makan durian saat istirahat," ujarnya.

Saat ini, dia dan petani durian lain, khususnya di Dusun Sinapeul, tengah panen. Musim buah beraroma pekat ini memang berlaku sejak November hingga Maret mendatang.

Halaman:

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Tags

Terkini

Info Padam Listrik Cirebon, 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:52 WIB

Jadwal Samsat Keliling Cirebon, 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:23 WIB

Cek Jadwal Samsat Keliling Indramayu, 26 Oktober 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:10 WIB

Rencana Pemadaman Listrik Indramayu, 25 Oktober 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:46 WIB

Jadwal Samsat Keliling Majalengka, 25 Oktober 2021

Senin, 25 Oktober 2021 | 05:00 WIB
X